Penerapan Metode CSI Dalam Menentukan Kepuasan Pasien Suntik Vaksin

Authors

  • Jefri Sebayang STMIK Triguna Dharma
  • Saniman Saniman
  • Sri Murniyanti

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i5.4837

Abstract

Abstrak Suntik Vaksin suatu bahan persediaan biologis yang menimbulkan suatu kekebalan tubuh terhadap penyakit, yang didalamnya terkandung sejumlah bahan kecil yang menyerupai organisme patogen yang mampu menginduksi sistemimun. Sehingga dapat menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, Suntik vaksin tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya Puskesmas. Puskesmas Medan Tuntungan juga harus memperhatikan kepuasan pasien. Kepuasan pasien adalah perbedaan antara harapan pasien terhadap pelayanan yang diberikan dengan kinerja pelayanan yang ada di puskesmas Medan Tuntungan. Namun, Puskesmas Medan Tuntungan saat ini masih memiliki kendala belum adanya pelayanan dari puskesmas. Adapun solusi yang dibutuhkan berupa digunakan bidang keilmuan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode CSI. Metode CSI berfungsi untuk efisiensi relatif kompleks dari alternatif yang layak berbanding lurus dengan efek relatif dari nilai dan bobot kriteria-kriteria pelayanan yang diberikan. Hasil penelitian ini dapat membantu Puskesmas Medan Tuntungan dalam pengambilan keputusan terkait kepuasan pasien suntik vaksin berdasarkan kriteria pelayanan puskesmas Medan Tuntungan. Adapun aplikasi yang dibangun berbasiskan web programming yang menerapkan metode Customer Satisfaction Index (CSI).  Kata Kunci: CSI, Suntik Vaksin, Puskesmas Medan Tuntungan, Sistem Pendukung Keputusan

Author Biography

Jefri Sebayang, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Skak, I., Rusydi, M. Z., Hutauruk, R., Chakim, S., & Ahmad, W. R.(2021). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Vaksinasi Di Masjid Al–Ikhlas, Jakarta Barat. Jurnal PADMA:Pengabdian Dharma Masyarakat.

Andriadi.;Agustiarasari,B.P.;Dianto.;Monica, D.; Jordan, M.; Risky,M.; Arsika,P.; Syari,R.; Nursapitri,R.; dan Salmawati.2021. "Pentingnya Pengenalan Vaksin Di Masa Pandemi Covid-19 Desa Ibul Kecamatan Simpang Teritip",Jurnal Abdimas Bina Bangsa, Juli, 02(01):100-104.

Astuti, D. (2017).Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas, HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development)1(3):65-72.

J. Hutagalung, “Application of the AHP-TOPSIS Method to Determine the Feasibility of Fund Loans Penerapan Metode AHP TOPSIS untuk Menentukan Kelayakan Pinjaman Dana,†Jurnal_Pekommas_Vol._6_No._1, vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2021, doi: 10.30818/jpkm.2021.2060101.

M. S. Dicky Nofriansyah, S.Kom., M.Kom , Prof. Dr. Sarjon Defit, S.Kom., Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. 2017.

S. R. Siregar and Nurhayati, “Sistem Pendukung Keputusan Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Metode ServQual,†J. Tek. Inform. Kaputama, vol. Vol.2, no. 1, p. No.1, 2018.

H. Winata and A. H. Nasyuha, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentuka Kelayakan Penerima Bantuan Siswa Miskin (

BSM ) Pada SD Negeri 8 Bintang Menggunakan Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (

TOPSIS ),†vol. 17, no. 2, pp. 198–205, 2018.

J. Hutagalung, M. Ramadhan, M. Dahria, R. Gunawan, “Penentuan Kualitas Bibit Bawang Merah Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment ( ARAS ) Determination of the Quality of Onion Seeds using Additive Ratio Assessment ( ARAS ) Method,†vol. 7, no. 2, pp. 591–602, 2022.

S. M. Widodo and J. Sutopo, “Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-commerce Model Business to Customer,†J. Inform.Upgris, vol. 4, no. 1, pp. 38–45, 2018, doi: 10.26877/JIU.V4I1.2224.

Widodo, S. M., & Sutopo, J. "Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer." Jurnal Informatika Upgris, 4(1), 38–45, 2018.

Anggraini,L. D., P. Deoranto dan D.M.Ikasari.2015.Analisis persepsi konsumen menggunakan metode importance performance analysis dan customer satisfaction index. Jurnal Industri. 4 (2) : 74-81.

Saputro, W. (2017). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Melalui Pendekatan Customer Satisfaction Index (Csi) Dan Importance Performance Analysis (IPA)(Studi Kasus di Club House Casagrande Yogyakarta) (Doctoral dissertation, UPN" Veteran" Yogyakarta).

Downloads

Published

2022-09-11