Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Unit Kearsipan Terbaik Menggunakan Metode MOORA

Authors

  • Munawir Siregar STMIK Triguna Dharma
  • Hafizah Hafizah STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i2.4818

Abstract

Abstrak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini telah membawa peradaban dunia pada era revolusi 4.0. Era dimana kemajuan teknologi digital dapat memberikan manfaat di berbagai sektor kehidupan. Penyelenggaraan kearsipan di era digital mengalami peningkatan yang semakin tinggi. Pentingnya pengelolaan arsip yang baik adalah untuk mengatasi penyusunan arsip yang ruwet dan susah dicari kembali saat diperlukan. Sistem Pendukung Keputusan yang berupa sistem berbasis komputer interaktif yang membantu pengambil  keputusan, memanfaatkan data dan model untuk menyelesaikan masalah-masalah yang tidak terstuktur. Hasil dari penelitian ini adalah merancang program sistem pendukung keputusan dalam menentukan unit kearsipan terbaik yang layak ataupun tidak layak berdasarkan penilaian yang telah ditentukan dan mengerjakannya dengan bantuan sistem. Dengan melakukan perhitungan matriks pada setiap kandidat dan di dapatkan ranking tertinggi hingga terendah dan dapat ditentukan mana unit kearsipan yang terbaik.Kata Kunci: Sistem Pendukung, Unit Kearsipan, MOORA, Pengelolaan Arsip,  Matriks

Author Biographies

Munawir Siregar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hafizah Hafizah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. Ahmad, "PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI: AKAR REVOLUSI DAN BERBAGAI STANDARNYA,"

Jurnal Dakwah Tabligh, vol. 13, 2012.

Recki Ari Wijaya, Bambang Budi Wiyono, Ibrahim Bafadal, "PENGELOLAAN KEARSIPAN," JAMP, vol. 1, p. No 2, 2018.

S. Ardiana, "Pengelolaan Arsip Dalam Mendukung Pelayanan Informasi Pada Bagian Tata Usaha di Dinas Kabupaten Ponorogo," Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), vol. 9, p. No 2, 2021.

Novia Reza Yanifa, Deni Arifianto, Agung Nilogiri, "IMPLEMENTASI METODE MOORA(Multi – Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis) Pada Penerimaan Beasiswa di Universitas Muhammadiyah Jember Berbasis Web," 2017.

Wahid Sri Hardiyanto, Cahyani Budihartanti, "PENERAPAN METODE MOORA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN VENDOR BUKU TAHUNAN SEKOLAH SMA NEGERI 1 CISARUA,"JISICOM, vol. 4, p. No 2, 2020.

Chairul Fadlan, Agus Perdana Windarto, Irfan Sudahri Damanik, "Penerapan Metode MOORA pada Sistem Pemilihan Bibit Cabai," Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), vol. 3, pp. 42-46, 2019.

Supriyono, "SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN (SPK) PEMILIHAN SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN METODE AHP," vol. 1, 2012

McLeod, "Sistem Informasi Manajemen," PT. Indeks, no. Jakarta, 2004

Sri Ardiana, Bambang Suratman, "Pengelolaan Arsip Dalam Mendukung Pelayanan Informasi Pada Bagian Tata Usaha di Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo," Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), vol. 9, p. No 2, 2021.

T. Andrasto, "Pengembangan Sistem Database Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Unnes," Jurnal Teknik Elektro, vol. 5, p. No 2, 2013

Downloads

Published

2022-03-24