Mendiagnosa Penyakit Tanaman Brassica Rapa L (Sawi Pakcoy) Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Ardianta Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Hendra Jaya STMIK Triguna Dharma
  • Ismawardi Santoso STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v1i2.4814

Abstract

terserang penyakit. Salah satu faktornya adalah keterlambatan penanganan dikarenakan kurangnya pengetahuan petani. Penyakit tanaman yang sering terjadi pada tanaman Brassica Rapa L (Sawi Pakcoy) dan menjadi hambatan utama dalam menanam tanaman sawi tersebut adalah Rebah Semai, Busuk Daun dan Akar Gada. Dimana beberapa hal yang dapat terjadi pada Brassica Rapa L (Sawi Pakcoy) yaitu pembusukan pada batang dan terkadang menyebabkan tanaman menjadi layu. Dalam beberapa bidang ilmu atau literatur ternyata ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk mengetahui penyakit pada tanaman Brassica Rapa L (Sawi Pakcoy)  melalui gejala yang diketahui diantaranya dengan penerapan konsep Sistem Pakar (Expert Sistem). Sistem Pakar adalah sistem informasi yang berisi pengetahuan dari pakar sehingga dapat digunakan untuk konsultasi. Penyelesaian masalah dalam sistem pakar ini dibantu dengan metode Dempster Shafer, dimana Dempster Shafer merupakan metode yang mampu mendiagnosa penyakit berdasarkan fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal sesorang ahli atau pakar. Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pakar yang dapat digunakan dalam mendiagnosa gejala awal pada tanaman Brassica Rapa L (Sawi Pakcoy) sehingga dapat membantu dinas pertanian maupun para petani dalam mencari solusi permasalahan yang dialami terkait penyakit pada Tanaman Brassica Rapa L (Sawi Pakcoy)Kata Kunci: Brassica Rapa L, Sistem Pakar, Metode Dempster Shafer, Sawi Pakcoy, Penyakit

Author Biographies

Ardianta Tarigan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendra Jaya, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Ismawardi Santoso, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

L. Sarido, "UJI PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.) DENGAN PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR PADA SYSTEM HIDROPONIK," Jurnal AGRIFOR , vol. 16, no. 1, 2017.

N. Sari Br Sembiring and M. Dayan Sinaga, "Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Treponema Pallidum Application Of Dempster Shafer Method For Diagnosing Diseases Due To Treponema Pallidum Bacteria," 180. CSRID Journal, vol. 9, no. 3, 2017.

Mikha Dayan Sinaga, "Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella," Cogito Smart Journal, vol. 2, no. 2, pp. 94-107, 2016.

S. n. rizki, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI KESALAHAN ELEKTRODA PADA PROSES WELDING FRAME THERMOSTAT PADA SOULPLATE MENGGUNAKAN METODEFORWARD CHAINING BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT PHILIPS)," Jurnal Edik Informatika, vol. 3, no. 2, pp. 211-225, 2017.

Y. Yuliyana and A. S. R. M. Sinaga, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Menggunakan Metode Naive Bayes," Fountain of Informatics Journal, vol. 4, no. 1, p. 19, 10 5 2019.

M. G. Meidiyan, "Implementasi Knowledge base pada Aplikasi Data Orang Hilang," Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), vol. 3, no. 2, pp. 96-103, 2017.

H. T. Sihotang, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN JAGUNG DENGAN METODE BAYES," 2018.

D. T. Yuwono, "Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Kepribadian Menggunakan Metode Dempster Shafer," Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 1, no. 1, 2019.

E. Ongko, "Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Mata," 2013.

H. T. Sihotang, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN JAGUNG DENGAN METODE BAYES," 2018.

Downloads

Published

2022-03-24