Pengembangan Sistem CRM Berbasis Data mining: Segmentasi Nasabah Dengan Algoritma K-Means
DOI:
https://doi.org/10.53513/jursi.v4i6.12277Keywords:
Algoritma Apriori, Asosiasi Mata Kuliah, Data Mining, Optimalisasi Kurikulum, Peminatan Program StudiAbstract
Industri asuransi mobil di era transformasi digital menghadapi tantangan dalam mempertahankan loyalitas nasabah, terutama pada proses perpanjangan polis (renewal notice). Banyak nasabah yang menunda atau mengabaikan perpanjangan polis, sehingga berisiko kehilangan perlindungan asuransi dan berdampak pada menurunnya pendapatan perusahaan. Pendekatan Customer Relationship Management (CRM) konvensional belum mampu memberikan analisis mendalam terkait perilaku nasabah, sehingga perusahaan membutuhkan metode analitik berbasis data untuk mendukung strategi retensi yang lebih efektif. Penelitian ini mengusulkan pengembangan sistem Analytical CRM berbasis data mining dengan menggunakan algoritma K-Means Clustering pada PT Zurich Asuransi Indonesia. Algoritma ini digunakan untuk melakukan segmentasi nasabah berdasarkan variabel seperti rasio klaim, premi, usia kendaraan, serta riwayat perpanjangan polis. Segmentasi tersebut memberikan dasar bagi perusahaan dalam menyusun strategi komunikasi, promosi, dan layanan yang lebih personal dan relevan dengan kebutuhan nasabah asuransi mobil. Dengan demikian, sistem CRM berbasis data mining dapat mengoptimalkan proses renewal notice serta meningkatkan Customer Lifetime Value (CLV). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan algoritma K-Means mampu menghasilkan segmentasi nasabah yang lebih terstruktur dan objektif. Sistem CRM yang dibangun dapat mengolah data nasabah menjadi informasi strategis yang mendukung pengambilan keputusan perusahaan. Segmentasi yang dihasilkan juga membantu PT Zurich Asuransi Indonesia dalam merancang produk, strategi pemasaran, serta pelayanan yang lebih tepat sasaran untuk meningkatkan loyalitas nasabah asuransi mobil.
References
E. F. L. Awalina and W. I. Rahayu, "Optimalisasi Strategi Pemasaran dengan Segmentasi Pelanggan Menggunakan Penerapan K-Means Clustering pada Transaksi Online Retail," Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), pp. 122-137, 2023.
S. F. Widyana and H. Firmansyah, "Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Sepatu Converse," Jurnal Bisnis dan Pemasaran, pp. 1-11, 2021.
A. A. A. Putri and S. A. Rahmah, "Implementasi Data Mining Dengan Algoritma K-Means Clustering Untuk Analisis Bisnis Pada Perusahaan Asuransi," Djtechno : Jurnal Teknologi Informasi, pp. 139-152, 2024.
V. Alvianatinova, I. Ali, N. Rahaningsih and A. Bahtiar, "Penerapan Algoritma K-Means Clustering Dalam Pengelompokan Data Penjualan Supermarket Berdasarkan Cabang (BRANCH)," JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), pp. 1529-1535, 2024.
F. Razi, V. Terisia and D. Yusuf, "Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Jenis Asuransi Yang Paling Diminati DI PT AIA Financial Dengan Metode Clustering," Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi, pp. 1-13, 2023.
W. S. Ramadhan and N. Mandiri, "Implementasi Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Transaksi Penjualan," Jurnal Infortech, vol. VI, no. 1, pp. 52-58, 2024.
A. W. S, I. G. I. Sudipa, T. A. E. Putra, A. J. Wahidin, W. A. Syukrilla, A. K. Wardhani, N. Heryana, T. Indriyani and L. W. Santoso, DATA MINING, Sumatera Barat: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI, 2023.
M. Y. Ardilla, A. Manuhutu, N. Ahmad, I. Hasbi, G. M. A. Manuhutu, M. Ridwan, H. A. K. Wardhani, S. Alim, I. Romli, Y. Religia, D. T. Octafian, U. U. Sufandi and I. Ernawati, Data Mining dan Aplikasinya, Bandung: Widina Bhakti Persada, 2021.
P. M. S. Tarigan, J. T. Hardinata, H. Qurniawan, M. Safii and R. Winanjaya, "Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Persediaan Barang (Studi Kasus : Toko Sinar Harahap)," UMJ, p. 51 – 61, 2022.
S. and S. , "Penerapan Data Mining Denganmetode Algoritma Apriori Untukmenentukan Pola Pembelian Ikan," Jurnal Sistem Informasi, p. VI, 2019.
N. T. Ayu, J. Jasmir2 and I. S. Wijaya, "Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Persediaan Stok Obat Pada Apotek Safa," Jurnal Manajemen Teknologi dan Sistem Informasi (JMS), pp. 700-711, 2024.
A. Hanapi, R. Sari and M. , "Penerapan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Produk Bagi Pelanggan Toko Online Berbasis Website," Jurnal Jaring SainTek, pp. 51-60, 2023.
H. Kusumo, E. Sediyono and M. Marwata, "Analisis Algoritma Apriori Untuk Mendukung Strategi Promosi Perguruan Tinggi," Walisongo Journal of Information Technology, pp. 51-62, 2019.
A. Zohriah, A. Muin and M. , "Paradigma Pendidikan di Era Digital," JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) , pp. 4546-4554, 2023.
I. F. Jannah, "Penerapan Algoritma Apriori Pada Strategi Penjualan Di Giant," KARISMATIKA, pp. 1-10, 2021.
I. P. Astuti, "Algoritma Apriori Untuk Menemukan Hubungan Antara Jurusan Sekolah Dengan Tingkat Kelulusan Mahasiswa," JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, pp. 69-78, 2019.
E. H. Pujiarini, "Analisis Asosiasi Untuk Menentukan Strategi Promosi Perguruan Tinggi Dengan Algoritma Apriori," Jurnal Informatika dan Komputer (JIKO) , pp. 45-51, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.














