Pengembangan Aplikasi Sipendongeng "Cerita Edukatif dan Interaktif untuk Balita"

Authors

  • M. Fikri Zulfi Universitas Negeri Medan
  • Dedy Kiswanto Universitas Negeri Medan
  • Atta Zulfahrizan Universitas Negeri Medan
  • M. Rizki Andrian Fitra Universitas Negeri Medan
  • Adamsyach Prana Walidin Universitas Negeri Medan
  • Iwan Agi Berutu Universitas Negeri Medan
  • Reo Rizki Ananda Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v4i6.12272

Keywords:

Dongeng Anak, Aplikasi Edukatif, Balita, Literasi Dini, ADDIE

Abstract

Rendahnya intensitas kegiatan mendongeng kepada anak usia dini serta meningkatnya paparan konten digital pasif yang kurang mendidik. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan waktu orang tua dan kurangnya media dongeng yang menarik dan mudah digunakan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan aplikasi SIPENDONGENG, yaitu media digital berbasis Android yang berisi cerita edukatif dan interaktif untuk balita. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi yang mampu membantu kegiatan mendongeng dengan menyajikan ilustrasi menarik, dan narasi otomatis. Metode pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji coba dilakukan terhadap anak usia 4–5 tahun dan guru pendamping di salah satu RA di Kota Medan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa anak menunjukkan ketertarikan tinggi terhadap aplikasi, dan guru menyatakan aplikasi mendukung literasi dini serta mudah digunakan. Berdasarkan masukan, aplikasi dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan cerita fabel yang mengandung nilai moral. Aplikasi SIPENDONGENG sudah siap rilis sebagai media pendukung literasi dan pembentukan karakter anak usia dini.

 

References

Y. Yanti, P. Maesaturofiqoh, dan A. Sodiq, ”Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Karakter Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air untuk Peserta Didik Kelas IV SD/MI,” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, vol. 8, no. 2, pp.149-160, 2021, doi: https://doi.org/10.24042/terampil.v8i2.11274

M. Napratilora, Mardiah, dan S. Nurhaqia, “Mendongeng Melalui Jenis-Jenis Dongeng Untuk Anak Usia Dini”, JUDEK, vol. 11, no. 2, pp. 121–134, Nov. 2023, doi: 10.61672/judek.v11i2.2657.

W. INDRIANI and H. Susilo, “EFEKTIVITAS DONGENG UNTUK MENANAMKAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI RUMAH”, jurnal-pendidikan-luar-sekolah, vol. 10, no. 1, pp. 329–337, Jul. 2021.

Badan Pusat Statistik Indonesia. “Profil Anak Usia Dini 2024,” 2024, Diakses pada 25 Juli 2025, dari https://www.bps.go.id/id/publication/2024/12/13/744350b0873dcb98dfeab38c/profil-anak-usia-dini-2024.html

I. Nurhidayah, & M. N. Wangid, “Pengambangan Bahan Ajar Buku Dongeng Berbasis Sainsmatika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep,” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 2, pp. 259-268, Juni 2020 doi: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2688

Y. D. Ananta, “Penanganan Kurangnya Perhatian Orang Tua pada Perilaku Anak Usia Dini”, Lencana, vol. 3, no. 1, pp. 145–154, Nov. 2024, doi: https://doi.org/10.55606/lencana.v3i1.4507

E. Puspitasari, & S. Novita ”Persepsi Orang Tua Terhadap Dampak Memberikan Gadget Pada Anak Usia Pra Sekolah,” JURNAL NERS GENERATION, vol. 2, no. 3, pp. 130-138, Desember 2023

S. Ainah, Y. N. C. Khotimah, A. Maharani, N. N. K. Sari, dan V. H. Pranatawijaya, “Implementasi Framework Flutter Untuk Pengembangan Aplikasi Restoran Dengan Penerapan API ChatGPT,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 8, no. 3, pp. 3802-3809, 2024

A. H. Brown and T. D. Green, *The Essentials of Instructional Design: Connecting Fundamental Principles with Process and Practice*, 3rd ed., New York: Routledge, 2016.

N. N. Annail dan M. Syani, “MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA ANAK BILINGUAL BERBASIS MOBILE”, JITET, vol. 12, no. 3S1, pp. 3683-3689, Oct. 2024, doi: https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5182

Muslim, R. P. Sari, dan S. Rahmayuda, ”Implementasi Framework Flutter Pada Sistem Informasi Perpustakaan Masjid (Studi Kasus: Masjid di Kota Pontianak),” Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi, vol. 10, no. 1, pp. 46-59, 2022, doi: https://doi.org/10.26418/coding.v10i01.52178

S. Khoiriah, N. Sahurina, dan Nofalia. ”Rancang Bangun User Interface Game Edukasi Anak,” INSTINK: (Jurnal Inovasi Pendidikan, Teknologi Informasi & Komputer), vol. 1, no. 2, pp. 16-22, 2022, doi: 10.30599/instink.v1i2.1754.

R. A. Sari, M. Sutrisno, A. Rahman, dan M. N. A. Kodri,”Penerapan Model Research and Development Untuk Media Belajar Desain Grafis Berbasis Android,” Just IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 13, no. 2, pp. 100-111, 2023.

S. D. Pratama, Lasimin, dan M. N. Dadaprawira, ”Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Edu Digital Berbasis Website Menggunakan Metode Equivalence Dan Boundary Value,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, vol. 6, no. 2, pp. 560-569, 2023, doi: https://doi.org/10.53513/jsk.v6i2.8166

M. B. Bangun, D. Kiswanto, A. S. Nasution, Y. Marito, dan N. Mubarokah, ”Rancang Bangun Sistem Latihan Soal Matematika Berbasis Website Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Bagi Siswa SD,” JURNAL SISTEM INFORMASI TGD, vol. 4, no. 4, pp. 855-863, 2025, doi: https://doi.org/10.53513/jursi.v4i4.11691

N. P.C. P. Dewi, I. B. Putrayasa dan I. N. Sudiana, ”Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” JURNAL ILMIAH BAHASA DAN SASTRA, vol. 8, no. 2, pp. 68-77, 2021, doi: https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259

S. E. Smaldino, D. L. Lowther, and J. D. Russell, *Instructional Technology and Media for Learning*, 11th ed., Pearson Education, 2019.

H. Mardhotillah and R. Rakimahwati, “Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini”, J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 779–792, Jul. 2021, doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361

Y. I. Chandra, “Perancangan Aplikasi Cerita Rakyat Indonesia dengan Menggunakan Metode Rapid Application Development Berbasiskan Android”, jikstik, vol. 14, no. 1, pp. 19–30, Sep. 2020.

F. D. Kardha, R. Herawati, dan A. B. Laksono, “Rancangan Bangun Aplikasi Dongeng Anak Domba Yang Tersesat Dengan Augmented Reality Berbasis Android,” GO INFOTECH: JURNAL ILMIAH STMIK AUB, 2022, vol. 28, no. 1, pp. 43-53, 2022, doi: https://doi.org/10.36309/goi.v28i1.165

K. E. N. Nahak and C. A. . Naitili, “PENGGUNAAN BUKU CERITA FABEL DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR”, HINEF, vol. 2, no. 2, pp. 39–47, Aug. 2023.

E. Sopriani dan H. Purwanto, “Perancangan Sistem Informasi Persedian Barang Berbasis Web Pada Pt. Xyz (Department It Infrastructure)”, JSI, vol. 10, no. 1, hlm. 127–138, Jan 2023.

Downloads

Published

2025-11-28