Pengembangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web Di SMK Negeri 4 Sarolangun
DOI:
https://doi.org/10.53513/jursi.v4i6.12247Keywords:
Sistem Informasi, PPDB, Web, Laravel, WaterfallAbstract
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan langkah awal yang krusial dalam proses seleksi siswa. Di SMK Negeri 4 Sarolangun, mekanisme pendaftaran masih dilakukan secara manual menggunakan formulir kertas sehingga sering menimbulkan keterbatasan informasi, potensi kesalahan pengisian data, serta kurang efisien dalam pengelolaan administrasi. Penelitian ini bertujuan membangun sistem informasi berbasis web untuk pendaftaran siswa baru dengan menerapkan metode System Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall, yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, hingga pemeliharaan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Sistem dirancang menggunakan framework Laravel dengan beberapa fitur utama seperti registrasi akun, unggah dokumen, verifikasi pembayaran, seleksi siswa, dan pengumuman hasil seleksi. Perancangan sistem dilakukan dengan memanfaatkan UML, sedangkan proses pengujian menggunakan pendekatan black-box dan uji beta. Berdasarkan hasil penelitian, sistem yang dibangun terbukti dapat mempercepat alur pendaftaran, memberikan informasi secara langsung, meningkatkan akurasi data, serta mendukung kemudahan administrasi bagi pihak sekolah. Oleh karena itu, sistem berbasis web ini dinilai layak menggantikan cara manual dan mampu meningkatkan mutu pelayanan sekolah.
References
N. Natalia and A. Maulana, “Perancangan Sistem Pendaftaran Siswa Baru di Sekolah Menengah Pertama Berbasis Web,” 2022.
A. Parawansah, M. E. Sain, and T. Iswanto, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Online Berbasis Website di SMP dan SMA Pondok Modern Al Ghozali,” vol. 3, no. 2, 2023.
N. Hidayati, A. Octafia, D. D. P. Batubara, M. K. Artado, and R. S. Napitupulu, “Desain Dan Implementasi Sitem Informasi Pada Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Online Untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Seleksi”.
Fauziah, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Berbasis Mobile pada Universitas Islam As- Syafiiyah,” Insologi: Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 1, no. 5, pp. 661–668, Oct. 2022, doi: 10.55123/insologi.v1i5.1060.
Trisna Wahyudi Rohman, Phita Pitria, Aprilia Styanigrum, Arbi Sarmembi, and Selestina Didi Irmaya, “Rancangan Bangun Sistem Pendaftaran Siswa Baru SMK Citra Negara Depok Menggunakan Metode Waterfall,” Jurtikom, vol. 2, no. 1, pp. 31–39, Mar. 2025, doi: 10.69714/6estwv71.
S. Assani, R. Hurriyah, M. Machmud, T. Rahman, A. R. Al Haidar, and A. F. Mahera, “Sistem Informasi Dan Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Laravel,” Jinteks, vol. 6, no. 2, pp. 145–152, May 2024, doi: 10.51401/jinteks.v6i2.4004.
N. Septiarina, “Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada SMK Bandara,” Prosisko, vol. 8, no. 1, pp. 60–67, Mar. 2021, doi: 10.30656/prosisko.v8i1.2816.
R. Ahmad Fathurrohim, “Pengembangan Sistem Content Management System (CMS) Website Pondok Pesantren Menggunakan Framework Laravel,” Jitet, vol. 13, no. 3, Jul. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i3.7070.
W. Saputro et al., “Penerapan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web di SMA Teratai Putih Global,” JPSK, vol. 2, no. 01, pp. 137–147, Feb. 2022, doi: 10.47709/jpsk.v2i01.1402.
H. D. Taru, Y. Rada, and H. Y. P. Uly, “Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Dengan Pemodelan System Development Life Cycle (SDLC) di SMA Negeri Lewa Tidahu,” vol. 3, 2025.
A. D. Asher and S. Hidayat, “Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Website Dengan Metode Waterfall”.
H. Yulianti, “Pemanfaatan Sistem Pelatihan E-Learning Pada Pengembangan Kinerja Karyawan di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Pengujian ISO 9126,” Jurnal Multimedia Networking Informatic, vol. 7, no. 1, pp. 65–81, Oct. 2021, doi: 10.32722/multinetics.v7i1.3769.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.














