Rancang Bangun Sistem Latihan Soal Matematika Berbasis Website Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Bagi Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.53513/jursi.v4i4.11691Keywords:
Matematika, Sekolah Dasar, Pembelajaran Digital, MathmasterAbstract
Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang sangat penting dalam mendukung perkembangan berbagai disiplin ilmu serta dalam membentuk kemampuan berpikir logis dan analitis. Namun, hasil studi PISA tahun 2022 menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa di Indonesia masih tergolong rendah, yang mencerminkan lemahnya pemahaman terhadap konsep dasar serta penggunaan metode pembelajaran yang belum optimal. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi matematika karena pendekatan pengajaran yang kurang kontekstual dan terbatasnya dukungan pembelajaran mandiri di lingkungan rumah. Disisi lain, perkembangan teknologi digital membuka peluang besar untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Sayangnya, masih sedikit platform lokal yang ramah anak dan sesuai dengan kurikulum nasional. Untuk menjawab tantangan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan MathMaster.id, yaitu sebuah platform latihan soal matematika berbasis web yang dirancang khusus untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dalam merancang, membangun, dan mengevaluasi efektivitas sistem. Fitur utama dari MathMaster.id meliputi soal-soal dengan tingkatan kesulitan yang bervariasi, antarmuka pengguna yang menarik dan mudah digunakan oleh anak-anak, sistem peringkat, serta dukungan untuk pembelajaran mandiri. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa platform ini mampu meningkatkan motivasi belajar, pemahaman konsep matematika, serta kemandirian siswa dalam proses belajar. Dengan demikian, MathMaster.id berpotensi menjadi solusi digital yang mendukung pembelajaran matematika yang lebih menyenangkan, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa di Indonesia.References
E. Solihah and A. N. Aeni, “Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Tahun Ajaran 2024 / 2025 dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN Kawungsari,” vol. 07, no. 02, pp. 10964–10974, 2025.
A. N. Fatwa and I. Y. Arifiana, “Deteksi Kesulitan Belajar pada Siswa dengan Nilai Matematika Rendah,” vol. 2, no. 1, pp. 9–19, 2025.
A. Barokah and M. Zalukhu, “Literature Review : Peran Media Pembelajaranan Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar,” vol. 9, pp. 4848–4852, 2025.
S. Aisyah, A. F. Ramadani, and A. E. Wulandari, “Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar,” vol. 3, pp. 388–401, 2025.
D. Satria, I. H. Kusasih, and G. Gusmaneli, “Analisis Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia Saat Ini : Suatu Kajian Literatur,” vol. 3, 2025.
H. Saputra, “Perkembangan Berpikir Matematis Pada Anak Usia Sekolah Dasar,” JEMARI J. Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 2, pp. 53–64, 2024.
H. Aliyah and S. Masyithoh, “Tinjauan Literatur: Peran Teknologi Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah,” J. Teknol. Pendidik. Dan …, vol. 01, no. 04, pp. 681–687, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/
article/view/153%0Ahttps://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/download/153/152
D. Journal and O. Education, “MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL : MENGOPTIMALKAN TEKNOLOGI UNTUK,” vol. 11, no. 1, pp. 164–177, 2025.
H. HAMSIR, “Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Ipa Kelas 5 Sd Berbasis Macromedia Flash Pada Sdn 52 Pattedong,” pp. 19–27, 2022, [Online]. Available: http://repository.uncp.ac.id/1754/%0Ahttp://repository.uncp.ac.id/1754/4/1704411019-HAMZAH HAMSIR-BAB I-II.pdf
F. I. Komputer, P. Studi, T. Informatika, and U. Pamulang, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR BAGI SISWA SD,” vol. 2, no. 3, pp. 2355–2363, 2024.
M. I. Marsela; Derta, Sarwo; Annas, Firdaus; Gusnita and Darmawati, “Perancangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis WEB Menggunakan HTML dan CSS Kelas X di MAS M . Nadis bukittinggi,” J. Media Infotama, vol. 20, no. 1, pp. 321–328, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/5746
M. G. Firdaus and F. Rozie, “Analisis Permasalahan Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Asrol Ulum,” Indo-MathEdu Intellectuals J., vol. 5, no. 3, pp. 3598–3609, 2024, doi: 10.54373/imeij.v5i3.1264.
L. Anggita, D. Eka, and C. Dewi, “Perbandingan Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Tesis Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” vol. 4, pp. 1187–1196, 2024.
H. Abidin, I. Mukhlis, and A. N. Zagladi, “Multi-method Approach for Qualitative Research: Literature Review with NVivo 12 PRo Mapping,” Kalam Cendekia J. Ilm. Kependidikan, vol. 11, no. 3, 2023, doi: 10.20961/jkc.v11i3.80748.
U. Sholikhah, B. Rosyadi, S. R. Wahzuni, S. U. Alasna, and K. F. P. Maharani, “Perancangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Website Pada Mi Manbail Futuh Jenu Tuban,” IJIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 9, no. 2, pp. 120–131, 2024.
Terttiaavini, I Made Agus Oka Gunawan, Kraugusteeliana, E. Winarno, and Rony Sandra Yofa Zebua, “Perancangan dan Implementasi Frontend Web untuk Sistem Pengaduan Masyarakat,” J. Inf. dan Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 112–126, 2023, doi: 10.37034/jidt.v5i1.290.
M. Ihsan, S. Umam, and M. Idris, “Edusaintek : Jurnal Pendidikan , Sains dan Teknologi PENGEMBANGAN BOT NOTULA DENGAN INTEGRASI MODEL WHISPER PADA PLATFORM GOOGLE MEET Universitas Islam Indonesia , Indonesia * Corresponding author : [email protected] Edusaintek : Jurnal Pendidik,” vol. 12, no. 1, pp. 1–17, 2025.
A. Alivia, M. Irwan, and P. Nasution, “Evaluasi Sistem Informasi Manajemen : Kriteria dan Metode Pengukuran,” vol. 3, no. 1, 2025.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.