Penerapan Metode Design Thinking Pada UI/UX Aplikasi Mobile Manajemen Umrah di PT. Ajwa Tour

Authors

  • Imelda Raudati Universitas Jambi
  • Dedy Setiawan Universitas Jambi
  • Daniel Arsa Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v4i4.11428

Keywords:

UI/UX, Aplikasi Mobile, Manajemen Umrah, Design Thinking, Prototype, Usability Testing

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat mendorong biro perjalanan umrah untuk mengoptimalkan layanan berbasis digital untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan manajemen pelayanan. PT. Ajwa Tour, sebagai salah satu biro perjalanan umrah di Jambi, menghadapi berbagai kendala dalam proses promosi, komunikasi, dan pengelolaan informasi jamaah yang dilakukan secara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk merancang User Interface (UI) dan User Experience (UX) dari aplikasi manajemen umrah berbasis mobile menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan; Empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Hasil penelitian berupa desain prototipe aplikasi mobile yang berfokus pada kemudahan akses informasi, pengelolaan jadwal dan pembayaran, serta komunikasi yang terintegrasi antara jamaah dan biro. Pengujian desain menggunakan Maze dan User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukkan bahwa desain aplikasi memperoleh tingkat kepuasan yang tinggi, baik dari aspek kemudahan penggunaan, efisiensi, kejelasan, hingga daya tarik visual. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan PT. Ajwa Tour secara digital dan menjawab kebutuhan jamaah umrah secara lebih efektif dan efisien.

Author Biographies

Imelda Raudati, Universitas Jambi

Sistem Informasi

Dedy Setiawan, Universitas Jambi

Sistem Informasi

Daniel Arsa, Universitas Jambi

Sistem Informasi

References

M. D. Ariawan, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Perancangan User Interface Design dan User Experience Mobile Responsive Pada Website Perusahaan,” vol. 4, pp. 161–166, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1896.

H. Ilham, B. Wijayanto, S. P. Rahayu, F. Teknik, and U. J. Soedirman, “ANALYSIS AND DESIGN OF USER INTERFACE / USER EXPERIENCE WITH THE DESIGN THINKING METHOD IN THE ACADEMIC INFORMATION SYSTEM OF,” vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2021.

I. Haji, A. I. Imamah, and S. W. Wahyuni, “Tantangan Platform Nusuk dalam Meningkatkan Pelayanan,” pp. 1–13, 2024.

A. Haikal, U. M. Buana, A. J. Monareh, U. Padjadjaran, P. Yanita, and U. Padjadjaran, “HUKUM MASYARAKAT DI ERA DIGITAL THE ROLE OF INFORMATION TECHNOLOGY IN INCREASING PUBLIC LEGAL AWARENESS IN THE THE ROLE OF INFORMATION TECHNOLOGY IN INCREASING PUBLIC,” no. October, 2023.

R. Fahrudin and R. Ilyasa, “PERANCANGAN APLIKASI " NUGAS " MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN AGILE DEVELOPMENT,” vol. 8, no. 1, pp. 35–44, 2021.

S. Sains, N. Prayoga, N. Afni, P. A. Putra, and Y. Efendi, “Pengembangan UX Aplikasi Panji Wedding Organizer Kota Pekanbaru Menggunakan Metode Lean UX,” 2022, doi: 10.33372/stn.v8i2.863.

P. Ui and U. X. Tinjauan, “Penerapan metode design thinking dalam pengembangan ui/ux: tinjauan literatur,” vol. 9, no. 2, pp. 139–148, 2023.

M. H. Rusydi, I. Nuryasin, P. Informatika, U. M. Malang, and K. Lowokwaru, “PERANCANGAN UI / UX APLIKASI HIDUP SEHAT BERBASIS MOBILE,” vol. 8, no. 1, pp. 54–64, 2024.

P. Baznas and K. Tangerang, “Perancangan Aplikasi Mobile Zakat dan Infaq Berbasis Android Pada Baznas Kabupaten Tangerang,” vol. 21, no. 1, pp. 197–205, 2021, doi: 10.33087/jiubj.v21i1.1234.

F. Wirawan, H. Setiaji, S. Kom, and M. Eng, “Penerapan Metode LeanUX Pada Perancangan Pengalaman Pengguna Website Islamic Vibes,” vol. 01, pp. 11–16, 2022.

M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, A. Sevtiana, U. Catur, I. Cendekia, and K. Cirebon, “PERANCANGAN UI / UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA,” vol. 10, no. 2, pp. 208–219, 2020.

A. S. A. Y. Co, “PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE,” vol. 9, no. April, 2022.

Downloads

Published

2025-07-31