Analisis Layanan SIMRS Menggunakan Framework ITIL V3 Domain Service Operation di Rumah Sakit Multazam
DOI:
https://doi.org/10.53513/jursi.v4i4.11281Keywords:
SIMRS, ITIL V3, Service Operation, Layanan TI, Rumah Sakit MultazamAbstract
Riset ini dilakukan demi menganalisis penerapan layanan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di Rumah Sakit Multazam menggunakan Framework ITIL V3 pada domain Service Operation. Framework ITIL V3 dipilih karena menyediakan panduan praktik terbaik untuk pengelolaan layanan TI yang terintegrasi, yang sangat penting untuk mendukung operasional rumah sakit. Penelitian ini mengidentifikasi dan mengevaluasi tingkat kematangan SIMRS dalam mengelola layanan TI, terutama dalam aspek manajemen terhadap insiden, peristiwa, masalah, akses, dan permohonan permintaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun Rumah Sakit Multazam telah mencapai kematangan dalam beberapa subdomain seperti manajemen insiden dan manajemen akses, masih terdapat area yang memerlukan peningkatan, terutama pada manajemen peristiwa dan pemenuhan permintaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa prosedur operasional rumah sakit masih perlu diperkuat, dan koordinasi antar tim serta keterampilan SDM perlu ditingkatkan untuk mencapai tingkat kematangan yang optimal. Secara keseluruhan, penelitian ini menyumbangkan pengetahuan yang dibutuhkan bagi rumah sakit untuk meningkatkan pengelolaan layanan TI mereka melalui penerapan ITIL V3, yang dapat memperbaiki efisiensi operasional dan meningkatkan standar efektivitas pelayanan kesehatan terhadap penerima layanan. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini diharapkan berguna dalam mendukung Rumah Sakit Multazam dan rumah sakit lainnya dalam mengoptimalkan layanan SIMRS mereka.References
E. Surya Darmawan and S. Laksono, “The New Leadership Paradigm in Digital Health and Its Relations to Hospital Services,” J. Ilmu Kesehat. Masy., vol. 12, no. 2, pp. 89–103, 2021, doi: 10.26553/jikm.2021.12.2.89-103.
W. Adam, R. B. Agung, and D. Komarudin, “Menghitung Tingkat Kematangan Tata Kelola TI Memakai Framework ITIL V.3,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 5, no. 1, pp. 37–45, 2020, doi: https://doi.org/10.30591/jpit.v5i1.2924.
Eka Sifatul Fitri, “Evaluasi Kematangan Teknologi Informasi pada Domain Service Operation Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library (Studi Kasus Rumah Sakit Umum Tipe C di Kota Malang),” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2023. [Online]. Available: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51217
J. Y. Mambu, E. Matindas, S. Adam, and T. Wulyatiningsih, “Self Assessment Manajemen Layanan Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library (ITILv4) Pada Incident Management Rumah Sakit Hermina, Lembean, Sulawesi Utara,” J. Inf. dan Teknol., vol. 5, no. 2, pp. 9–18, 2023, doi: 10.37034/jidt.v5i2.319.
D. Mardiana and W. Cholil, “Analisis Information Technology Service Management ( ITSM ) LPSE Kota Palembang Berdasarkan Framework ITIL V3,” J. Intelekt. Keislaman, Sos. dan Sains, vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: doi.org/10.19109.
D. Krismayanti and T. Sutabri, “Analisis IT Service Management (ITSM) Pada Layanan Administrasi Mahasiswa STIPER Sriwigama Menggunakan Framewok ITIL V3,” Indones. J. Multidiscip. Soc. Technol., vol. 1, no. 3, pp. 190–195, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.149.
M. W. A. Bawono, M. A. Soetomo, and T. Apriatin, “Analysis correlation of the Implementation Framework COBIT 5, ITIL V3 and ISO 27001 for ISO 10002 Customer satisfaction,” Proc. Annu. Conf. Manag. Inf. Technol., vol. 7, no. 1, pp. 31–46, 2020, doi: 10.33555/acmit.v7i1.105.
A. S. Azhar, R. A. S. Prayoga, and M. I. Alhari, “Analisa Layanan pada Aplikasi Kesehatan dengan Framework ITIL V3 Domain Service Operation dan Standar SKM (Studi Kasus: Puskesmas Klampis),” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 10, no. 1, pp. 699–710, 2025, doi: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i1.6050.
S. Firdausi and M. A. Setiawan, “ITIL v3 Framework Application to Design Information Technology Incident Management Governance,” J. Ilm. Tek. Elektro Komput. dan Inform., vol. 8, no. 1, pp. 128–135, 2022, doi: 10.26555/jiteki.v8i1.23632.
S. A. Shidqi et al., “Analysis of Information Technology Service Management Using ITIL V3 Domain Service Operation at Company XYZ,” Int. J. Informatics Inf. Syst., vol. 6, no. 4, pp. 159–168, 2023, doi: 10.47738/ijiis.v6i4.174.
N. H. Assobarry, F. N. Sabila, and S. Mukaromah, “Analysis Of Information Technology Services Management Using ITIL V3 Domain Service Operation (Case Study: Hotel Sinar Sidoarjo),” Ijconsist Journals, vol. 3, no. 2, pp. 30–33, 2022, doi: 10.33005/ijconsist.v3i2.60.
A. A. Pratiwi, A. Tanfitra, A. A. Umar, and I. Setiawan, “Evaluasi Tingkat Kematangan Sistem Informasi Rumah Sakit Menggunakan Information Technology Infrastructure Library Versi 3 (Studi Kasus : Rumah Sakit Amanah Sumpiuh),” Merkurius J. Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 6, pp. 322–333, 2024, doi: https://doi.org/10.61132/merkurius.v2i6.479.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.