Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Berbasis Web

  • Karunia Putri Pohan Universitas Negeri Medan
  • Chairunisah Chairunisah Universitas Negeri Medan
Keywords: Sistem Pakar, Penyakit Kulit, Naive Bayes Classifier

Abstract

Penyakit kulit pada manusia ialah penyakit yang terdapat pada bagian tubuh paling luar dengan gejala berupa gatal-gatal dan kemerahan yang disebabkan oleh sinar matahari, virus, imun tubuh yang lemah, jamur, bakteri, parasit dan infeksi. Masalah dalam mengatasi penyakit kulit ini diantaranya adalah terbatasnya jumlah dokter spesialis kulit, jauhnya jarak yang ditempuh dan antrian pasien banyak. Berdasarkan permasalahan diatas dibutuhkan suatu aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit kulit menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Sistem ini dibangun untuk membantu masyarakat guna untuk mengetahui penyakit kulit secara dini. Sistem pakar yang dibangun menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Sistem ini memiliki dua tahapan kerja. Pertama, sistem meminta user untuk menginput gejala yang dialami. Kedua, sistem akan secara otomatis akan menampilkan hasil diagnosa berdasarkan gejala yang diinput. Hasil dari penelitian yang diuji telah menunjukkan hasi perkalian dari nilai klasifikasi tertinggi dengan metode Naive Bayes Classifier dapat menentukan jenis penyakit kulit yang diderita oleh pasien 

References

T. Srisantyorini and N. F. Cahyaningsih, “Analisis Kejadian Penyakit Kulit pada Pemulung di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kelurahan Sumur Batu Kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi,” J. Kedokt. dan Kesehat., vol. 15, no. 2, p. 135, 2019, doi: 10.24853/jkk.15.2.135-147.

Rismanto, R., Yunhasnawa, Y., & Mauliwidya, M. (2019). Pengembangan Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Robotika, 1(1), 18-24.

Muafi, Muafi, Andi Wijaya, and Vijay Abdul Aziz. "Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mata Pada Manusia Menggunakan Metode Forward Chaining." COREAI: Jurnal Kecerdasan Buatan, Komputasi dan Teknologi Informasi 1.1 (2020): 43-49.

Sihombing, J. (2021). Klasifikasi Data Antroprometri Individu Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier. BIOS: Jurnal Teknologi Informasi dan Rekayasa Komputer, 2(1), 1-10.

Handoko, M. R., & Neneng, N. (2021). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Selama Kehamilan Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 50-58.

Widiyawati, C., & Imron, M. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Techno. Com, 17(2), 134-144.

Setiyani, S., & Prasetyaningrum, P. T. (2021). Penerapan Metode Naive Bayes Classifier Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Lambung. Jurnal Sistem Informasi Dan Bisnis Cerdas (SIBC) Vol, 14(2).

Sinaga, A. S. R., & Simanjuntak, D. (2020). Sistem Pakar Deteksi Gizi Buruk Balita Dengan Metode Naïve Bayes Classifier. Jurnal Inkofar, 1(2).

Rantoso, E., & Suria, O. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Yang Disertai Demam Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence), 2(2), 1-10.

Ardianto, L.B., Wahyuddin, M.I. and Winarsih, W., 2021. Implementasi Deep Learning untuk Sistem Keamanan Data Pribadi Menggunakan Pengenalan Wajah dengan Metode Eigenface Berbasis Android.Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi),5(1), pp.89-96

Sihombing, J. (2021). Klasifikasi Data Antroprometri Individu Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier. BIOS: Jurnal Teknologi Informasi dan Rekayasa Komputer, 2(1), 1-10

Hayadi, B. H. (2018). Sistem pakar. Deepublish.

Kesumaningtyas, F., & Handayani, R. (2020). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Rheumatic (Rematik) Dengan Metode Forward Chaining. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 8(2), 59-63.

Arief Dalam Noyat, A Ibrahim dan A Ambarita (2018) Sistem Informasi Pengaduan Pelanggaran air Berbasis Web Pada PDAM Kota Ternate Ijis Wirtama ISSN 2548- 6438 Vol, 3 No, 1. April 2018, Hal. 12

Alle, M. H., Ansar, R., & Sirajuddin, H. K. (2021). SISTEM PAKAR PENDETEKSI PENYAKIT PADA TANAMAN PADI MENGUNAKAN METODE (FORWARD CHAINING) BERBASIS WEB DI DESA SUBAIM KECAMATAN WASILE. IJIS-Indonesian Journal On Information System, 6(1), 13-24.

Apriyanti, Y., Lorita, E., & Yusuarsono, Y. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 6(1).

REHALAT, F. R. SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT JANTUNG PADA MASYARAKAT MENGGUNKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS ANDROID.

Published
2024-02-20