Evaluasi Program Pelatihan Peningkatan Kompetensi Dosen Pada STMIK Triguna Dharma

Authors

  • Badrul Anwar STMIK Triguna Dharma
  • Ambiyar Ambiyar
  • Fahmi Rizal
  • Rizky Ema Wulansari

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v22i2.8529

Keywords:

Evaluasi Program, Pelatihan, Kompetensi Dosen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pelatihan peningkatan kompetensi dosen pada STMIK Triguna Dharma yaitu: (1) evaluasi komponen context, (2) evaluasi komponen input, (3) evaluasi komponen process, (4) evaluasi komponen product. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Evaluasi dilakukan dengan menilai keempat komponen tersebut dalam program pelatihan peningkatan kompetensi dosen STMIK Triguna Dharma. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Temuan dari hasil penelitian ini yaitu pertama, hasil evaluasi terhadap komponen context dari program pelatihan peningkatan kompetensi dosen STMIK Triguna Dharma berada pada kategori baik. Kedua, hasil evaluasi terhadap komponen input dari program pelatihan peningkatan kompetensi dosen STMIK Triguna Dharma berada pada kategori baik. Ketiga, hasil evaluasi terhadap komponen proses dari program pelatihan peningkatan kompetensi dosen STMIK Triguna Dharma berada pada kategori sangat baik. Keempat, hasil evaluasi terhadap komponen produk dari program pelatihan peningkatan kompetensi dosen STMIK Triguna Dharma berada pada kategori cukup baik.

References

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. & Jabar, C.S.A. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Musa, S. 2005. Evaluasi Program Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Y-Pin Indonesia.

Ananda, R. & Rafida, T. 2017. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Stufflebeam, Daniel L. (2003). The CIPP Model for Evaluation. In Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Boston, MA: Springer.

Stake, Robert E. (2010). Qualitative Research: Studying How Things Work. New York, NY: The Guilford Press.

Sutopo, H. B. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Penerbit Alfabeta.

Creswell, J. W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Sumintono, B. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmayadi, Y. (2017). Pengantar Metode Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills, CA: Sage Publications.

Downloads

Published

2023-08-09