Penyuluhan Pemanfaatan Median Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Dalam Mempromosikan Buah Pinang Bagi Pengusaha Kecil di Desa Sidodadi

Authors

  • ade zulkarnain hasibuan Universitas Harapan Medan
  • Munjiat Setiani Asih Universitas Harapan Medan
  • Fera Damayanti Universitas Harapan Medan
  • Rismayanti - Universitas Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v2i1.4797

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sudah berkembang sangat pesat dan telah menjangkau perkotaan sampai dengan pedesaan. Dengan perkembangan teknologi tersebut masyarakat sudah sangat dimudahkan untuk melakukan apa saja, termasuk didalamnya yaitu mempromosikan usaha yang dimiliki melalui media sosial. Hanya saja minimnya pengetahuan masyarakat untuk memanfaatkan teknologi tersebut menyebabkan perkembangan teknologi tersebut kurang berdampak kepada perekonomian masyarakat, khususnya di pedesaan. Kegiatan PkM yang dilakukan di gang karya Desa Sidodadi bertujuan melakukan penyuluhan kepada pemilik usaha buah pinang Desa Sidodadi. Jadi penggunaan teknologi bukan hanya digunakan di perkotaan saja, tetapi target jangka panjangnya penggunaan teknologi juga merambah ke desa-desa. Dimana teknologi yang digunakan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari penyuluhan tersebut yaitu untuk memberikan pengetahuan kepada pemilik buah pinang untuk memanfaatkan media sosial facebook, twitter, instagram, dan tiktok sehingga mereka mempunyai kemampuan untuk mengembangkan dan mempromosikan usaha yang mereka miliki melalui media sosial.

References

Dian, P. (2020). Media Sosial Periklanan Instagram. Yogyakarta: Deepublish.

Eko, N. S. (2020). Melejitkan Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial. Gresik: Caramedia Communication.

Fitri, H., Sherly, & Acai, S. (2020). Marketing dan Media Sosial. Bandung: Media Sains Indonesia.

Shiefti, D. A. (2016). Media Sosial Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Jakarta: KENCANA.

Wahyuni, P. (2016). Social Marketing Strategi Jitu Mengatasi Masalah Sosial di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2022-02-27