Penerapan Apriori Dalam Menganalisa Strategi Penjualan Perlengkapan
DOI:
https://doi.org/10.53513/jsk.v8i1.10743Keywords:
Apriori, Association Rule, Data Mining, Pembangunan Sistem, Pola PenjualanAbstract
Ilmu pengetahuan dan teknologi setiap saat selalu mengalami perkembangan, dan perkembangan yang pesat ini sudah menjadi suatu kebutuhan di dunia bisnis dan usaha lainnya serta memiliki dampak bagi semua segi kehidupan. Smile photo merupakan salah satu usaha yang melayani hal-hal yang berkaitan dengan pencetakan foto, fotokopi, pemindaian (scan), print, dan penjualan alat tulis kantor. Smile photo berada di lokasi yang memiliki tingkat persaingan usaha yang cukup besar dikarenakan berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau para pelanggan. Dikarenakan besarnya tingkat persaingan maka smile photo harus menggunakan strategi promosi penjualan, agar dapat meningkatkan penjualan dengan menganalisa pola penjualan perlengkapan. Maka dari itu dalam permasalahan ini dibutuhkan sebuah bidang keilmuan yang menggunakan sistem yang cocok dalam menganalisa pola penjualan yaitu data mining dengan metode Apriori. Hasil dari penelitian ini algoritma Apriori mampu melakukan analisa terkait pola penjualan sehingga dapat membantu dalam analisa strategi penjulan perlengkapan.References
D. P. F. Zebua, N. E. Gea, and R. N. Mendrofa, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Di Cv. Bintang Keramik Gunungsitoli Marketing Strategy Analysis in Increasing Product Sales in Cv. Bintang Keramik Gunungsitoli,” J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt. , vol. 10, no. 4, pp. 1299–1307, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/43982
D. M. Musa et al., “Penerapan Data Mining Untuk Klasifikasi Data Penjualan Pakan Ternak Terlaris Dengan Algoritma C4.5,” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 10, no. 1, pp. 168–182, 2024, doi: 10.37012/jtik.v10i1.1985.
A. Saputra, H. L. Sari, and D. Sartika, “Implementasi Metode Association Rule Mining Pada Penjualan Barang Di Toko Bangunan Ada Mas Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Multidisiplin Dehasen, vol. 2, no. 4, pp. 709–718, 2023, doi: 10.37676/mude.v2i4.4805.
V. S. Rifania, S. Saniman, and A. Azlan, “Penerapan Algoritma Apriori Dalam Mencari Pola Pembelian Konsumen,” J. Sist. Inf. Triguna Dharma (JURSI TGD), vol. 2, no. 2, p. 201, 2023, doi: 10.53513/jursi.v2i2.5750.
M. M. Muttaqin, Wahyu Wijaya Widiyanto, A. W. Green Ferry Mandias, Stenly Richard Pungus, S. A. H. Wiranti Kusuma Hapsari, E. F. B. Aslam Fatkhudin, Pasnur, and N. S. Mochammad Anshori, Suryani, Pengenalan Data Mining, no. July. 2023.
I. K. J. Arta, G. Indrawan, and G. Rasben Dantes, “Data Mining Rekomemdasi Calon Mahasiswa Berprestasi di STMIK Denpasar Menggunakan Metode Technique For Other Reference By Similarity to Ideal Solution,” J. Ilmu Komput. Indones., vol. 4, no. 1, pp. 11–21, 2019.
S. Sofyan, S. Nur Asia, and N. Nasrun, “Aplikasi Penjadwalan Pengadaan Barang Menggunakan Algoritma Apriori pada Logistic Rumah Sakit,” J. JEETech, vol. 4, no. 1, pp. 67–74, 2023, doi: 10.32492/jeetech.v4i1.4109.
F. S. Amalia, S. Setiawansyah, and ..., “Analisis Data Penjualan Handphone Dan Elektronik Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Cv Rey Gasendra),” … J. Telemat. …, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/article/view/1810
Amalia Yunia Rahmawati, Pengenalan Data Mining, no. July. 2020
P. Kurniady, P. S. Ramadhan, and M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Pengelompokan Paket Barang Yang Akan Di Kirim Pada J&T Idi Aceh Dengan Menggunakan K-Means Clustering,” J. CyberTech, vol. x. No.x, no. x, 2019.
Yuli Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4 . 5 Data mining merupakan bagian dari tahapan proses Knowledge Discovery in Database ( KDD ) . Jurnal Edik Informatika,” J. Edik Inform., vol. 2, no. 2, pp. 213–219, 2019.
Danuri Muhamad, “Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital,” Infokam, vol. 15, no. 2, pp. 116–123, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Nama dan alamat email yang masuk ke situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan dan pihak lain.