Pemilihan Kurir Terbaik di PT. Tiki Menggunakan Metode WASPAS

Pemilihan Kurir Terbaik di PT. Tiki Menggunakan Metode WASPAS

Authors

  • Muhammad Syaifuddin SISTEM INFORMASI
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v7i2.9849

Abstract

Tiki merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang pengiriman dan pengantaran barang. Untuk menjaga kenyamanan dan kepercayaan konsumen, maka PT Tiki menurunkan kurir terbaiknya. Ada beberapa kriteria kurir dinyatakan terbaik diantaranya pengiriman tepat waktu, memberikan pelayanan yang baik saat memberikan pesanannya kepada konsumen. Untuk mempertahankan kinerja kurir agar mampu bekerja dengan baik sesuai SOP yang berlaku, PT. Tiki memberikan reward hingga promosi naik jabatan. Saat ini proses pemilihan kurir ini masih menggunakan catatan dan perhitungan manual sehingga membuat prosesnya tidak jarang membutuhkan waktu yang lama dan data dari proses ini tidak tersimpan dengan baik. Solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengna menyediakan system terkomputerasi dan WASPAS sebagai metode penyelesaian masalahnya. Dari hasil penelitian ini didapatkanlah sebuah kesimpulan yakni proses pemilihan karyawan terbaik lebih mudah dilakukan, dan waktu penyelesaiannya tidak selama seperti perhitungan manual sebelum adanya proses terkomputerasi.

References

W. S. Prasetyo, Mochammad Eko, “Analisa Kualitas Layanan Menggunakan Metode KANO (Pada Jasa Pengiriman Barang ),” in Seminar Nasional Inovasi Teknologi, 2022.

S. C. Kurnia, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Pelanggan Gojek di Kota Malang) (): .,” J. Ilm. Mhs. FEB Univ. Brawijaya, vol. 6, no. 2, pp. 1–12, 2018.

D. L. Sumarna, “Pengaruh Kualitas Jasa Kurir terhadap Minat Beli Konsumen E-commerce,” J. Ekon. dan Ind., p. 3169, 2020.

and E. R. Maulana, Lucky Hikmat, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Perusahaan Jasa Pengiriman Paket Pada Pt Jne Agen 012 Citeureup Kabupaten Bogor,” J. Visionida, vol. 5, no. 1, pp. 69–78, 2019.

R. W. Nasution, “Penerapan Data Mining Untuk Pengelompokan Minat Konsumen Terhadap Pengguna Jasa Pengiriman Pada PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Pematangsiantar,” Resolusi Rekayasa Tek. Inform. dan Inf., vol. 1, no. 4, pp. 274–281, 2021.

and F. W. A. Rohman, Saefur, “Pengaruh kualitas pelayanan dan ketepatan pengiriman terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa pengiriman barang Ninja Express di masa pandemi Covid-19,” J. Logistik Indones., vol. 5, no. 1, pp. 73-85., 2021.

and R. M. A. Huda, Dellavianti Nishfi Ilmiah, Cahyo Prianto, “ANALISIS SENTIMEN PERBANDINGAN LAYANAN JASA PENGIRIMAN KURIR PADA ULASAN PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE DAN RANDOM FOREST.",” J. Ilm. Inform., vol. 11, no. 02, pp. 150-158., 2023.

R. Mujiastuti, “Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. Dan Komput., vol. 9, no. 2, pp. 133–141, 2019.

and T. K. Amida, Shylvia Nurul, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai Dengan Menggunakan Metode Topsis,” J. Sci. Appl. Informatics, vol. 2, no. 3, pp. 193-201., 2019.

H. Pratiwi, “Sistem Pendukung Keputusan,” pp. 49–57, 2016.

and R. I. G. Andika, Beni, Hendryan Winata, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Duta Sekolah untuk Lomba Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realite (Electre),” J. Sains Manaj. Inform. Dan Komput., vol. 18, no. 1, pp. 47–54, 2019.

S. Barus, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 2., no. 2, 2018.

and D. P. U. Asdini, Dwi, Miftahul Khairat, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Manajer di PT. Pos Indonesia dengan Metode WASPAS,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 1, pp. 41-47., 2022.

Downloads

Published

2024-07-31