Sistem Pendukung Keputusan Untuk Rekrutmen Pegawai Digital Marketing Menggunakan Weight Product (WP)
DOI:
https://doi.org/10.53513/jsk.v7i1.9580Abstract
Matthew Baby Store adalah usaha yang bergerak dibidang penjualan pakaian untuk anak-anak, Digital marketing atau bisa juga disebut dengan digital marketer merupakan profesi di bidang pemasaran dengan menggunakan platform digital. Digital marker bertanggung jawab atas branding produk yang dihasilkan perusahaan. Proses perekrutan SDM atau Digital marketing berpengaruh berat dalam pencapaian misi dan visi dari perusahaan. Proses perekrutan pegawai yang asal-asalan dapat berakibat menurunnya kinerja suatu perusahaan. Hal ini dapat disebabkan karena kemampuan pegawai yang tidak memenuhi kriteria maupun kesalahan dalam penempatan pegawai.Oleh sebab itu dibutuhkan sistem terkomputerisasi yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sehingga dapat membantu masalah yang sedang dihadapi Matthew Baby Store secara cepat dan mudah. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Metode Weighted Product (WP) adalah sistem yang dapat membantu instansi dalam memproleh keputusan dalam memecahkan masalah. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pertama dapat menampilkan peringkat hasil penentuan perekruitment pegawai berdasarkan data alterantif dan kriteria – kriteria yang telah ditetapkan, kedua Sistem diimplementasikan pada aplikasi berbasis Dekstop Programming dengan menggunakan Microsoft visual basic sebagai user interface dan yang ketiga pengujian Sistem pendukung keputusan untuk menentukan perekruitment pegawai pada Matthew Baby Store pada aplikasi Microsoft visual basic menggunakan black box testing.References
T. Wahyono, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Sistem Rekrutmen Sdm Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Pt. Sumo Internusa Indonesia Cabang Medan,†JEpa, vol. 4, no. 1, pp. 69–83, 2019.
F. Erlina, “Pengaruh Seleksi Rekrutmen dan Penempatan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Bagian Pemasaran PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Banjarmasin,†Adm. - J. Ilmu Adm. Dan Manaj., vol. 2, no. 3, pp. 75–114, 2018.
F. Mahardika, U. Ummiyati, and M. Martanto, “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode WP (Weight Product) Pemilihan Minat Jurusan,†J. ICT Inf. Commun. Technol., vol. 16, no. 2, pp. 53–57, 2017, doi: 10.36054/jict-ikmi.v16i2.23.
V. Gunawan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kandidat Kepala Divisi Yayasan Airlangga Balikpapan Dengan Metode Simple Additive Weighting,†vol. 2, no. 1, pp. 59–64, 2018.
A. K. Vadreas, R. Turaina, and S. Ardiansyah, “Sistem Penunjang Keputusan Penentuan (Spk) Bantuan Dana Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rtlh) Dengan Metode Multi Factor Evoluation Process (Mfep),†J. Teknoif, vol. 6, no. 1, pp. 18–23, 2018, doi: 10.21063/jtif.2018.v6.1.18-23.
S. M. Sumarno and J. M. Harahap, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pemilihan Posisi Kepala Unit (Kanit) Ppa Dengan Metode Weight Product,†JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 11, no. 1, p. 37, 2020, doi: 10.24853/justit.11.1.37-44.
D. M. Khairina, D. Ivando, and S. Maharani, “Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Android,†J. INFOTEL - Inform. Telekomun. Elektron., vol. 8, no. 1, p. 16, 2016, doi: 10.20895/infotel.v8i1.47.
A. A. Murtopo, “Metode Weighted Product dalam Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Produk Unggulan Pada Industri Kecil Menengah 3 ) Menghitung Vektor S 4 ) Menghitungkan Vektor Perangkingan 1 ) Memberikan nilai bobot W Pengambilan keputusan memberikan bobot ,†vol. 11, no. 1, pp. 1–4, 2022.
S. Sinaga, J. Prayudha, and M. Yetri, “Penentuan Tempat Wisata Terbaik Dengan Metode Weighted Product,†J. Sist. Inf. Triguna Dharma (JURSI TGD), vol. 1, no. 4, p. 384, 2022, doi: 10.53513/jursi.v1i4.5394.
E. Elisa, N. Azwanti, T. Komputer, and U. P. Batam, “DOI : http://dx.doi.org/10.31869/rtj.v2i2.1430,†vol. 2, no. 2, 2019.
A. Hendini, “Pemodelan uml sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang (studi kasus: distro zhezha pontianak),†vol. IV, no. 2, pp. 1–23, 2016.
I. Nobiyanto and D. H. Parlindungan, “Rancang Bangun Aplikasi Portal Layanan Jasa Warga To Warga Berbasis Mobile,†Tekinfo J. Bid. Tek. Ind. dan Tek. Inform., vol. 22, no. 2, pp. 51–60, 2021