APLIKASI KESEHATAN MENENTUKAN JENIS PENYAKIT LAMBUNG DENGAN MENGAMBIL BEBERAPA GEJALA MENGGUNAKAN METODE FUZZY – MAMDANI

Authors

  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma
  • Putra Ramadan Nasution Universitas Islam Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v3i2.2191

Keywords:

Sistem pakar, Fuzzy Mamdani, Website, Database

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendiagnosa penyakit lambung yang lebih spesifik pada manusia yaitu grastitis, maag, kanker lambung, tumor lambung / polip lambung, dispesia, gerd, gastroparesis dan gastroenteritis,  dengan adanya gejala yang lebih spesifik maka persentase kemungkinan terjangkitnya penyakit lambung akan lebih besar. Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit lambung dengan menggunakan metode Fuzzy Mamdani dapat membantu meminimalisir peran dokter penyakit dalam sehingga pasien dapat lebih dini mendeteksi jenis penyakit lambung apa yang dideritanya. Sistem pakar berbasis web memungkinkan adanya peranan bidang informatika dalam bidang kesehatan dan dapat disimpan dalam file database yang besar sehingga lebih efisien, tepat sasaran dan mengikuti perkembangan dunia kedokteran. Dengan adanya gejala-gejala penyakit pecernaan yang dideteksi maka akan dapat didiagnosa jenis penyakit lambung apa yang di derita oleh pasien dengan hasil penelitian dapat mendeteksi jenis penyakit lambung, gejala-gejala dan solusi pengobatannya

References

Sukma, D. (2016). Seperti Ini Penerapan Internet Of Things Di Indonesia. Diakses tanggal 20 Februari 2017 dari https://arenalte.com/berita/industri/ini-penerapan-internet-of-things-indonesia/a

Kusumadewi, Sri, 2000, “Perancangan Sistem fuzzy : Studi Kasus Prediksi Jumlah Produksi dan Harga Jual Barang†dalam Jurnal Teknologi Industri Volume 5, No.1. Jogjakarta: Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia

Kusumadewi, Sri, 2003, “Artificial Intelegence Teknik dan Aplikasinyaâ€. Jogjakarta: Graha Ilmu Kosko, Bart, 1997, “Fuzzy Engineeringâ€. New Jersey: Prentice – Hall, Inc.

Pratikno, Budi, 2003, “Aplikasi Fuzzy Servqual untuk Menganalisa Kepuasan Pelanggan terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan (Studi Kasus Pada Universitas Muhammadiyah Surakarta)â€.

Downloads

Published

2020-07-22