Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dengan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realite (ELECTRE) Studi Kasus Kecamatan Borbor

  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Triguna Dharma
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Program Keluarga Harapan, Electre

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah pemberian bantuan tunai bersyarat kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM) yang telah diterapkan sebagai peserta. Untuk memperoleh bantuan, peserta PKH diwajibkan memenuhi persyaratan dalam bidang pendidikan dan kesehatan sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.Untuk mempermudah dalam penentuan kelayakan penerima bantuan PKH pada Kecamatan Borbor, maka dapat menggunakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan menggunakan metode Elimination Et Choix la Realite (ELECTRE) dalam mengambil keputusan secara tepat.Hasil penelitian ini adalah untuk mempermudah dan mempercepat dalam menentukan penerima bantuan PKH, sehingga sistem ini dapat digunakan untuk membantu pihak kantor Camat dalam melakukan pengambilan keputusan pemberian bantuan PKH yang tepat dan diharapkan dapat mengatasi segala kelemahan dalam menentukan kelayakan pemberian bantuan PKH

References

Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Wikipedia.ELECTREpadahttps://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipwdia.org/wiki/ELECTRE&prev=search..

Putra, Abner Adi., Andreswari, Desi., & Susilo,Boko. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penerima Bantuan Pinjaman Samisake dengan Menggunakan Metode Electre (Studi kasus : LKM Kelurahan Lingkar Timur Kota Bengkulu). Jurnal Rekursif , 3(1).1-11.

Akshareari, Syeril. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produksi Sepatu dengan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realie (Electre). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Published
2019-02-22