Analisis Keterkaitan Penjualan Obat melalui Penerapan Algoritma FP-Growth guna Optimalisasi Strategi Pemasaran

  • Kharomiyah Kharomiyah STMIK IKMI Cirebon
  • Nining Rahaningsih STMIK IKMI Cirebon
  • Raditya Danar Dana STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Asosiasi, Algoritma Fp-growth, Pola Penjualan, Strategi Pemasaran, Industri Farmasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola penjualan dan menerapkan algoritma FP-Growth dalam konteks analisis data, dengan tujuan meningkatkan strategi pemasaran di sektor farmasi. Data penjualan obat dari September hingga Oktober 2023 telah dikumpulkan dan dianalisis menggunakan algoritma FP-Growth, yang dikenal efektif dalam mengidentifikasi asosiasi item dalam transaksi data. Hasil analisis menyoroti keterkaitan antara jenis obat tertentu, waktu pembelian, dan karakteristik pelanggan. Untuk memperbaiki strategi pemasaran, penelitian ini menggunakan metode Knowledge Discovery in Databases (KDD) dan menerapkan Algoritma FP-Growth. Proses identifikasi pola asosiasi melibatkan beberapa langkah, mulai dari pengumpulan data penjualan, pemilihan atribut yang relevan, preprocessing data, hingga analisis asosiasi dataset dan evaluasi pola yang muncul. Dengan menggunakan parameter support minimum 0.005, confidence minimum 7.5, dan lift minimum 1.0, berhasil ditemukan 21 aturan asosiasi yang melibatkan 12 produk pembentuk. Penerapan Algoritma FP-Growth dalam membentuk aturan asosiasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi strategi penjualan dengan menyajikan informasi rinci mengenai pola pembelian produk oleh konsumen dan tingkat peluang keberhasilan. Temuan dari analisis data digunakan untuk mengidentifikasi peluang baru dan mengoptimalkan strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Algoritma FP-Growth dalam analisis data penjualan obat dapat memberikan wawasan berharga untuk mendukung keputusan strategi pemasaran. Studi ini juga memberikan kontribusi penting dalam pemahaman perilaku konsumen di industri farmasi dan dapat menjadi dasar untuk penelitian lanjutan dalam bidang ini.

References

R. Ardiansyah, W. Wirdayanti, Y. Yudhaswana, and N. Idris, “PENERAPAN DATA MINING BERBASIS ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI BERBASIS BUNDLING,” Sci. Comput. Sci. Informatics J., vol. 6, no. 1, pp. 2620–4118, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/scientico/article/view/20117

D. P. Mulya, “Analisa Dan Implementasi Association Rule Dengan Algoritma Fp-Growth Dalam Seleksi Pembelian Tanah Liat (Studi Kasus Di Pt. Anveve Ismi Berjaya),” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 1, no. 1, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/jteksis/article/view/6

N. Ndruru, Y. Syahra, and E. Elfitriani, “Penerapan Metode Fp-Growth Untuk Penjualan Produk Seni Ukir Pada Buulolo Galery,” J. Teknol. Sist. …, vol. 5, no. 1, pp. 2615–5133, 2022, [Online]. Available: http://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/article/view/4770

R. Akbar, P. Palupiningsih, and B. Prayitno, “IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK PENENTUAN REKOMENDASI PRODUK UMKM BERDASARKAN FREKUENSI PEMBELIAN,” J. Teknoinfo, vol. 17, no. 2, pp. 494–500, 2023, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/article/view/2585

L. Oktaviani, T. Anelia, H. Muhabatin, and ..., “Penerapan algoritma fp-growth untuk menganalisis pola belanja,” KOPERTIP …, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/article/view/153

R. Saputra and A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/195

F. Achmad, O. Nurdiawan, and Y. A. Wijaya, “ANALISA POLA TRANSAKSI PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO RITEL KESEHATAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 168–175, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/view/6210

S. Komariyah, S. Anwar, and B. Nurhakim, “Implementasi Data Mining FP-Growth Untuk Analisis Pola Pembelian Pada Transaksi Penjualan,” J. Manaj. DAN BISNIS Ekon., vol. 1, no. 2, pp. 62–75, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JMBE/article/view/128

I. Putra and S. Eniyati, “Analisis Pola Pembelian Konsumen pada Data Transaksi Penjualan Suku Cadang Mobil dengan Algoritma FP-Growth (Studi Kasus: PT. Sun Star Motor Kudus),” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 22, no. 2, pp. 882–885, 2022, [Online]. Available: http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/2004

D. A. Istiqomah, Y. Astuti, and S. Nurjanah, “Implementasi algoritma FP-growth dan Apriori untuk persediaan produk,” J. Inform. Polinema, 2022, [Online]. Available: http://jip.polinema.ac.id/ojs3/index.php/jip/article/view/845

F. E. N. Saputro and F. S. Nugraha, “Prediksi Penjualan Kopi Berdasarkan Cuaca Menggunakan Association Rule dan Algoritma FP Growth,” J. Ilm. Media Sisfo, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unama.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/724

D. E. Putri, “Pola Frekuensi Penjualan Barang Bali Mart Menggunakan Fp-Growth,” JOISIE (Journal Inf. Syst. …, vol. 4, no. 1, pp. 15–21, 2020, [Online]. Available: https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/517

A. Harahap and S. P. T. Perangin-Angin, A L R, Kisen Kumar, “ANALISIS PENERAPAN DATA MINING DALAM PENENTUAN TATA LETAK BARANG MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN FP-GROWTH,” J. Tekinkom (Teknik Inf. dan Komput., vol. 5, no. 2, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/Tekinkom/article/view/692

R. Amelia, A. Koda, I. Mulyati, and ..., “Penerapan Algoritma Frequent Pattern-Growth Dalam Menentukan Pola Penjualan,” … Sci. J. …, vol. 04, no. 02, pp. 65–71, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/article/view/121

E. Nofianti, W. A. Triyanto, and N. Latifah, “PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN FREQUENT PATTERN GROWTH (FP-GROWTH) PADA TOKO KOMPUTER,” Indones. J. …, vol. 1, no. 2, pp. 59–62, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/ijtis/article/view/4941

R. Yogasuwara and F. Ferdiansyah, “Implementasi Algoritma Frequent Growth (FP-Growth) Menentukan Asosiasi Antar Produk,” J. Sist. Komput. dan Inform., 2022, [Online]. Available: http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/JSON/article/view/4894

S. G. Setyorini, M. Mustakim, J. Adhiva, and S. A. Putri, “Penerapan Algoritma FP-Growth dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Ind., 2020, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/11188

Published
2024-02-13