Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Asisten Laboratorium Menggunakan Metode Copras

Authors

  • hendra jaya STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Juniar Hutagalung STMIK Triguna Dharma
  • Nia Oktaviani Barus STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v22i2.7999

Keywords:

Asisten Laboratorium, Keputusan, Metode COPRAS, Pratikum, Rekrutmen, Sistem Pendukung.

Abstract

Metode pembelajaran  Fakultas Ilmu Keperawatan dan Fisioterapi yang terdapat di Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam tidak hanya menerapkan metode secara teori, namun juga praktikum di laboratorium. Peran satu dosen dirasa sangat kurang buat pendamping mahasiwa yang akan belajar pada laboratorium manual terapi. Oleh karena itu dibutuhkan asisten laboratorium manual terapi. Rekrutmen asisten praktikum laboratorium manual terapi pada Ilmu Keperawatan dan Fisioterapi dilakukan dengan menggunakan kebutuhan secara manual, proses pemilihan yang relatif panjang sampai mampu diputuskan siapa yang terpilih menjadi asisten laboratorium. Untuk mengatasi masalah yang dialami ini, maka dibuatlah sistem pendukung keputusan untuk menentukan asisten laboratorium manual terapi. Sistem pendukung keputusan suatu metode yang diarahkan untuk dapat membantu seseorang yang menghadapi persoalan pengambilan keputusan spesifik yang sifatnya unik dan tidak berulang. Pada sistem pendukung keputusan yang akan dibangun dalam penerimaan asisten laboratorium manual terapi adalah metode COPRAS. Hasil dari sistem pendukung keputusan  diharapkan dapat memudahkan  Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam dalam menentukan asisten laboratorium manual terapi dengan menggunakan metode COPRAS dan dibuat penentuan dalam perhitungan perangkingan dalam bentuk komputerisasi selesai maka akan semakin mudah mendata dan bisa mengetahui naik turunnya perkembangan dan kemajuan tempat wisata tersebut apakah masih layak atau tidak.

Author Biographies

hendra jaya, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Ita Mariami, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendryan Winata, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Juniar Hutagalung, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nia Oktaviani Barus, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. Wanto and E. Kurniawan, “Seleksi Penerimaan Asisten Laboratorium Menggunakan Algoritma Ahp Pada Amik-Stikom Tunas Bangsa Pematangsiantar,†JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 3, no. 1, p. 11, 2018, doi: 10.26798/jiko.2018.v3i1.106.

Martin Fowler, “Activity , Use case diagram,†vol. 3, no. 2, pp. 159–166, 2014.

N. Hayati, S. Rahayu, and T. I. Saputra, “Sistem Informasi Pemilihan Asisten Laboratorium dengan Metode Weighted Product dan Weighted Sum Model,†STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 6, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.30998/string.v6i1.8455.

M. Iqbal Kurniansyah and S. Sinurat, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Server Hosting dan Domain Terbaik untuk WEB Server Menerapkan Metode VIKOR,†J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 14–24, 2020, doi: 10.30865/json.v2i1.2450.

A. Tarigan, H. Jaya, and I. Santoso, “Mendiagnosa Penyakit Tanaman Brassica Rapa L ( Sawi Pakcoy ) Menggunakan Metode Dempster Shafer,†vol. 1, pp. 53–61, 2022.

R. Gustiara, H. Jaya, and I. Santoso, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Trombosis Vena Dalam Menggunakan Metode Case Based Reasoning,†vol. 1, pp. 498–506, 2022.

D. Mhd, E. Faritsi, D. Saripurna, and I. Mariami, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Tenaga Pengajar Menggunakan Metode MOORA,†vol. 1, pp. 239–249, 2022.

A. S. Amin and M. A. Ramdhani, “Konfigurasi Model Untuk Sistem Pendukung Keputusan,†Maj. Ilm. Ekon. Komput., vol. 0, no. 1, pp. 11–19, 2006, [Online]. Available: http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ekonomi-komputer/article/view/733.

L. Indah, E. Harefa, F. Rizky, and I. Mariami, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Harga Jual Handphone Dengan Metode Activity Based Coasting,†vol. 1, pp. 405–413, 2022.

G. Ginting, S. Alvita, Mesran, A. Karim, M. Syahrizal, and N. K. Daulay, “Penerapan Complex Proportional Assessment ( COPRAS ) Dalam Penentuan Kepolisian Sektor Terbaik,†J. Sains Komput. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 616–631, 2020, [Online]. Available: https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/254/236.

Downloads

Published

2023-08-09