Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Canine Influenza Pada Hewan Anjing Jenis Pomerania Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma
  • Astri Syahputri STMIK Triguna Dharma
  • Sobirin Sobirin STMIK Triguna Dharma
  • Rizky Ananda STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v22i2.7962

Keywords:

Anjing, Canine Influenza, Pomerania, Sistem Pakar, Teorema Bayes

Abstract

Penyakit Influenza pada hewan merupakan salah satu penyakit zoonosis yang berpotensi mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan manusia maupun hewan. Virus ini menyebar pada anjing dan beradaptasi sehingga dapat dengan mudah menular pada anjing. Kemudian virus ini dikenal sebagai virus H3N8 yang spesifik terhadap anjing. Dengan masalah tersebut maka di buatlah sistem pakar mendiagnosa penyakit pada canine influenza pada hewan anjing jenis pomerania dengan tujuan untuk membantu dalam mendiagnosa pada penyakit canine influenza. Sistem pakar merupakan sebuah sistem aplikasi yang memiliki kemampuan layaknya seperti berpikir seorang pakar dalam menyelesaikan  masalah terkait penyakit canine influenza sehingga dapat menghasilkan  sebuah kesimpulan atau solusi. Hasil dari penelitian ini mendapatkan suatu keluaran berupa penyakit yang dialami oleh seekor anjing serta solusi penanganan pada penyakit yang dialami dengan menggunakan metode teorema bayes

Author Biographies

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Astri Syahputri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sobirin Sobirin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rizky Ananda, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Indrawati, R. Abdul, And P. Selleck, “Status Infeksi Virus Influenza A Pada Beberapaspesies Hewan Sebelum Wabah Avian Influenza H5n1padaunggas Di Indonesia1,†Ber. Biol., Vol. 10, No. 4, Pp. 431–440, 2011.

U. N. Solekah, “Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kandungan Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Website,†Pp. 1–6, 2019.

L. Septiana, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ispa Dengan,†Vol. Xiii, No. 2, 2016..

H. T. Sihotang, E. Panggabean, And H. Zebua, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†J. Inform. Pelita Nusant., Vol. 3, No. 1, Pp. 33–40, 2018

I. Russari, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Batu Ginjal,†Pp. 18–22, 2016

V. Y. Zulfian Azmi, Metode, Pengantar Sistem Pakar Dan. 2017.

I. Russari, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Batu Ginjal,†Pp. 18–22, 2016.

H. Aksad, F. Aditiya, S. T. Informatika, K. Selatan, And T. Padi, “Model Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Certainty Factor,†2019.

A. A. Muslim And R. Arnie, “Sistem Pakar Diagnosa Hama Dan Penyakit Cabai Berbasis Teorema Bayes,†Pp. 867–876.

M. Dahria, P. D. Putri, M. T. Bayes, And P. Anemia, “Anemia Dengan Menggunakan Metode,†1978.

I. K. P. Yasa, “Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Hama Tanaman Jahe Menggunakan Pendahuluan Tinjauan Pustaka Teorema Bayes Metode Penelitian,†Vol. 16, No. 02, Pp. 27–31, 2015.

H. T. Sihotang, T. Informatika, And S. Utara, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Jagung Dengan Metode Bayes,†Vol. 3, No. 1, 2018.

B. Harijanto, R. A. Latif, And P. N. Malang, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Dengan Metode Teorema Bayes Berbasis Android,†Vol. 2, Pp. 176–180, 2016.

Downloads

Published

2023-08-09