Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kualitas Inti Kelapa Sawit Terbaik Menggunakan Metode ORESTE

Samuel Silaban, Iskandar Zulkarnain, Faisal Taufik

Abstract


PT. Anugerah Sawit Doi belum memiliki sistem dalam menentukan kualitas inti kelapa sawit terbaik sementara perusahaan ini memiliki kerjasama dengan banyak perusahaan pemasok inti. Tentu hal ini dapat mempengaruhi kepercayaan pihak pemasok jika barang yang ditawarkan tidak dibeli.

Untuk mengatasi masalah diatas maka dibuatlah Sistem Pendukung Keputusan dalam menentukan kualitas inti kelapa sawit terbaik menggunakan metode Oreste. Dengan adanya sistem dan dasar perhitungan yang jelas harapannya dapat mengurangi resiko pembelian dan dapat membangun hubungan kerjasama yang erat antara pembeli dan pemasok serta meningkatkan kualitas bahan baku supaya kualitas produksi tetap terjaga.

Hasil program ini menunjukan bahwa sistem yang dibangun dengan berbasis desktop dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan dengan cepat dan tepat

Full Text:

PDF

References


H. A. Hasibuan, D. Siahaan, dan S. Sunarya, “Kajian Karakteristik Minyak Inti Sawit Indonesia Dan Produk Fraksinasinya Terkait Dengan Amandemen Standar Codex,” J. Stand., vol. 14, no. 2, hal. 98, 2012, doi: 10.31153/js.v14i2.91.

A. Octavia, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mutasi Karyawan Dengan Menggunakan Metode Oreste (Studi Kasus: Pdam Tirta Deli Kab. Deli Serdang),” Maj. Ilm. INTI, vol. 14, no. 3, hal. 570–574, 2019.

W. Purwadi, M. Rista, dan A. Calam, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemasangan Lokasi Strategis Wifi.Id Pada Telkom (Studi Kasus Pada Pemsangan Wifi.Id Di Beberapa Lokasi Medan Menggunakan Metode Oreste,” J. Sains Manaj. Inform. dan Komput., vol. 19, no. 1, hal. 110–121, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://ojs.trigunadharma.ac.id/.

rian hanafi, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Calon Karyawan Terbaik Di Ptpn.Iv Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp),” no. 15220079, hal. 1–6, 2019, doi: 10.31219/osf.io/4x7ck.

M. Lubis, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kader Kesehatan Puskesmas Mandala Kecamatan Medan Tembung dengan Menggunakan Metode Oreste,” vol. 1, no. 4, hal. 246–253, 2020.




DOI: https://doi.org/10.53513/jis.v21i2.5957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal SAINTIKOM

 Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Komputer (STMIK) Triguna Dharma

Website : https://www.trigunadharma.ac.id/
Email : [email protected]