Sistem Kendali Fasilitas Lab Stmik Triguna Dharma Menggunakan Komunikasi Serial Berbasis Mikrokontroler

Authors

  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Saniman Saniman STMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nur Arif STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v17i2.42

Keywords:

Synchronous, Sistem Kendal Ruangan

Abstract

STMIK Triguna Dharma adalah salah satu institusi yang dimana semua program studinya adalah bidang ilmu komputer. STMIK Triguna Dharma memiliki fasilitas didalam ruangannya seperti Lampu, AC (Air Conditioner) dan juga projector sebagai sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar mengajar. Sistem pengendalian fasilitas STMIK Triguna  Dharma pada saat ini dilakukan secara manual dan ketika terjadi pemadaman listrik maka mengakibatkan fasilitas didalam ruangan akan padam, sehingga ketika listrik sudah menyala maka membutuhkan waktu untuk menyalakan kembali fasilitas ruangan tersebut.Penggunaan teknik komunikasi Synchronous yang akan membantu meringankan pekerjaan petugas lab STMIK Triguna Dharma dalam aktivitas menghidupkan fasilitas didalam ruangan yang berbasis mikrokontroler arduino uno sebagai sistem kendali dengan interface yang dirancanng untuk mempermudah petugas lab dalam pengendalian fasilitas lab.Hasil dari penelitian ini dapat membantu dan mempermudah petugas lab dalam mengendalikan fasilitas ruangan, hanya dengan sebuah laptop, petugas lab tidak lagi harus mengendalikan fasilitas satu-persatu ruangan, dari ruangan petugas lab sudah dapat menghidupkan dan mematikan fasilitas yang ada didalam ruangan. 

References

Arduino, “Software Arduino (IDE),†Arduino, 2017. [Online]. Available: https://www.arduino.cc/en/Guide/Environment.

Fatoni and D. B. Rendra, “Perancangan Prototipe Sistem Kendali Lampu Menggunakan Handphone Android Berbasis Arduino,†J. PROSISKO Vol. 1 Sept. 2014, vol. 1, no. September, pp. 23–29, 2014.

A. Ketut Agung Cahyawan, “SISTEM MONITOR DAN KENDALI RUANG SERVER DENGAN EMBEDDED ETHERNET | Agung Cahyawan W | Lontar Komputer,†Lontar Komput., vol. 2, no. 1, pp. 2088–1541, 2011.

U.A.Bakshi and M.V.Bakshi, “Synchronous Machines,†Educypedia, p. 328, 2009.

N. Suparno and I. Prio Utomo, “Pengembangan Sistem Monitoring Dan Kendali Jarak Jauh Percobaan Hamburan Neutron Pada Fasilitas Spektrometer Neutron Hamburan Sudut Kecil (Sans),†Yogyakarta Pus. Teknol. Bahan Ind. Nukl., pp. 208–212, 2011.

Downloads

Published

2018-08-08