Pemanfaatan Video Pembelajaran Karate INKANAS Menggunakan Aplikasi Adobe Premier Pro 2019

Amru Yasir, Sabrina Aulia Rahmah, Jovi Antares

Abstract


Video merupakan media elektronik yang mampu menggabungkan teknologi audio dan visual secara bersama sehingga menghasilkan suatu tayangan yang dinamis dan menarik. Karate adalah olahraga beladiri berasal dari Jepang yang menggunakan tangan dan kaki sebagai alat untuk melepaskan kekuatan pukulan, serangan, dan tendangan. Karate selain sebagai olahraga tempur yang menyegarkan juga dapat melatih mental agar berani dan kuat. Kata "karate" berarti tangan kosong dan orang yang mempraktekkan karate disebut karateka. Diera digital sekarang telah banyak aplikasi pembuatan video sehingga memudahkan masyarakat dalam menyampaikan sesuatu seperti tutorial teknik dasar karate yang mana teknik-teknik karate biasanya dipraktekkan langsung oleh  pelatih sehingga murid bisa saja lupa akan teknik tersebut, maka di buatlah tutorial teknik karate melalui aplikasi video guna untuk memudahkan para siswa memahami dan bisa mengulang kembali  teknik –teknik tersebut di luar waktu latihan dengan sendirinya yang mana siswa tersebut hanya melihat hasil dari tutorial aplikasi video yang telah dibuat.


Keywords


Video Karate Tutorial Teknik Karate

Full Text:

PDF

References


Abdi (2019). Karate [Lengkap] Pengertian,Sejarah,Teknik,Peraturan,Manfaat Diakses Dari https://www.materiolahraga.com/2018/05/karate-lengkap.html

Busyaeri,A., Udin,T., Zaenuddin,A. (2016) Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di Min Kroya Cirebon . Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Vol 3, No 1 (2016)

Purba,P.H., (2016) Meningkatkan Keterampilan Dasar Siswa Dalam Melakukan Tendangan Mae Geri Beladiri Karate Melalui Teknik Fading Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Sidikalang Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 15 (1), Januari – Juni 2016 : 56-66

Muhammad Nur Rifqi (2016) Pengembangan Samsak Elektik Berbasisflip Flop Acak Cabang Olahraga Beladiri ( Skiripsi) Diakses Dari https://eprints.uny.ac.id/42336/1/Muhammad%20Nur%20Rifqi.pdf

Purba,P.H., (2015) Pembelajaran Kihon Dalam Olahraga Bela Diri Karate Volume 14 Nomor 2, Juli -Desember 2015: 57-64

Hadjarat Hartono . (2008) “Pembinaan Klub Olahraga Karate Di Gorontalo”. Semarang: Tesis,Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Olahraga Unnes,hal.16.

Nugraha Denny Novian,S.Sn.,M.Sn,. Dkk., (2019) Perancangan Visual Guide Bela Diri Praktis Wanita

Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Yudianto,A. (2017.h.235) Manfaat media video (Yang dikutip dalam Prastowo,2012,h.302)

Penta,Iiham Dkk,. (2013) Simulasi Digital Jilid II Kelas X. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan

Awule, M. E., Sentinuwo, S. R., & Lumenta, A. S. (2016). Pembuatan Film Animasi 3D Menggunakan Metode Dynamic Simulation (Studi Kasus: Alramona n’Taumatta n’Talroda). Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 5(4), 70-79.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Faradita laela Maya, Dkk., (2019) Motivasi Mahasiswa Dalam Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa Bela Diri Karate Di Universita PGRI Semarang.




DOI: https://doi.org/10.53513/jis.v20i2.3866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal SAINTIKOM

 Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Komputer (STMIK) Triguna Dharma

Website : https://www.trigunadharma.ac.id/
Email : [email protected]