Penerapan Algoritma C 4.5 Pada Pengaruh Iklan Online Terhadap Minat Beli Konsumen di Masa Pandemic Covid-19

Zelvi Gustiana, Welnof Satria, Jhon Simon

Abstract


Seiring berkembangnya teknologi, semua orang dapat dimudahkan pekerjaannya. Salah satunya adalah promosi terhadap produk yang dijual. Kini marak sekali promosi yang dilakukan secara online melalui media sosial, terlebih pada masa  pandemic Covid-19. Tidak bolehnya sosialisasi secara langsung menyebabkan banyak orang-orang yang lebih tertarik berbelanja secara online di media sosial mereka. Tapi terjadi fenomena dimana kebanyakan produk yang dipromosikan tidak mencantumkan harga pada iklan. Ini menarik perhatian peneliti untuk melakukan pengamatan dan penelitian terhadap iklan produk yang tidak mencantumkan label harga apakah masih menarik orang-orang untuk membeli dengan menggunakan metode Algoritma C 4.5. Algoritma C 4.5 merupakan salah satu bagian dari Data Mining klasifikasi. Atribut yang menjadi acuan adalah jenis kelamin, Attention, Interest, Search serta Action. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa atribut Attention memiliki Gain tertinggi yang menjadi akar dari pohon keputusan.


Keywords


Algoritma C 4.5 Data Mining Harga Iklan Promosi Produk

Full Text:

PDF

References


Puguh Kurniawan, Puspitarini DS, Nuraeni R, Fadli R, Indika DR, Jovita C, et al. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @Vapormxpku Dalam Meningkatkan Promosi Penjualan. J Bisnis Terap [Internet]. 2019;3(9):25–32. Available from: http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533

Faisal IA, Rohmiyati Y. Analisis Pemanfaatan Media Instagram Sebagai Promosi Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. J Ilmu Perpust [Internet]. 2017;6(4):281–90. Available from: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23234

Tahun N, Algoritma P, Sistem CD, Kasus S, Kabupaten DI. Penerapan algoritma c 4.5 dalam sistem pendukung keputusan evaluasi kinerja fasilitator pamsimas (studi kasus di kabupaten kampar). 2020;1(1):20–8.

Hasmin E, Aisa S. Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Penentuan Penerima Beasiswa Mahasiswa. CogITo Smart J. 2019;5(2):308.

Rachmawati F. Analisis Algoritma C4 . 5 Untuk Pengangkatan Karyawan : Fitria Rachmawati. 2016;6(2):25–36.

Azwanti N. Analisa Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Penjualan Motor Pada Pt. Capella Dinamik Nusantara Cabang Muka Kuning. Inform Mulawarman J Ilm Ilmu Komput. 2018;13(1):33.

Sandrawira Anggraini, Sarjon Defit GWN. Analisis Data Mining Penjualan Ban Menggunakan. J Ilmu Tek Elektro Komput dan Inform. 2018;4(2):136–43.

Words K. 伴征 1 ・矢島 啓 2 ・泉谷 隆志 3. 2018;74(5):523–8.

Sunarti S. Prediksi Promosi Jabatan Karyawan Dengan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Apartemen Senayan Jakarta). TechnoCom. 2019;18(4):288–98.




DOI: https://doi.org/10.53513/jis.v20i2.3751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal SAINTIKOM

 Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Komputer (STMIK) Triguna Dharma

Website : https://www.trigunadharma.ac.id/
Email : [email protected]