Aplikasi Pengumuman Elektronik Berbasis Client Server Studi Kasus Fakultas Teknik Dan Komputer Universitas Harapan Medan

Dody Pratama, M. Taufik Batubara

Abstract


Papan pengumuman elektronik merupakan bentuk penyampaian dan penyebaran informasi melalui media elektronik yang ditampilkan pada layar monitor. Saat ini Universitas Harapan masih menggunakan cara konvensional untuk menyampaikan informasi kepada mahasiswa. Penyampaian informasi secara konvensional sudah tidak efektif, karena cara ini memerlukan biaya lebih besar , waktu yang lebih lama dan tempat yang lebih banyak. Maka dari itu, perlu dibuat sebuah sistem yang dapat menggantikan pengumuman konvensional. Pengumuman elektronik jauh lebih baik, karena dapat menghemat waktu dan biaya. Perancangan pengumuman elektronik perlu diawali dengan pembuatan database. Pembuatan papan pengumuman elektronik dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi VB.NET. Diharapkan papan pengumuman elektronik dapat menggantikan pengumuman konvensional, karena pada papan pengumuman elektronik telah mencakup semua jenis pengumuman, baik dari media teks, gambar ataupun video dan dapat dilakukan perubahan pengumuman secara real time.


Keywords


Pengumuman Elektronik Database VB. Net

Full Text:

PDF

References


Ariawan, K. U., & Sutaya, I. W. (2017). Pengembangan Papan Pengumuman Digital Menggunakan Xibo Dan Raspberry PI (Studi Kasus: Jurusan Teknik Elektro). Seminar Nasional Riset Inovatif, 5, 296–304. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/102.

Hutahaean, J., 2015. Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta, Deepublish.

Sutabri, Tata. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Madcoms, 2010, Sistem Jaringan Komputer Untuk Pemula, Yogyakarta, Andi.

Wahana komputer. (2010). Panduan Aplikatif dan Solusi Membuat Aplikasi Client Server dengan Visual Basic. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nugroho, A, 2011, Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data, Yogyakarta, Andi.

Sutanta, E. (2011). Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sovia & Jimmy, 2011, Membangun Aplikasi E-Library Menggunakan Html, Php Script, Dan Mysql Database, Processor, 6(2), 38–54.

Warman, I., & Ramdaniansyah, R, 2018, Analisis Perbandingan Kinerja Query Database Management System (Dbms) Antara Mysql 5.7.16 Dan Mariadb 10.1. Jurnal Teknoif, 6(1), 32–41.

Utama, D dan Ashar. (2020). Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Restaurant Berbasis Client Server Dengan Platform Android Dan Php Menggunakan Metode Centralized Dbms Architecture (Studi Kasus: Cafe Cempakoe Kota Bengkulu). JRAMI. Vol.1 No.3.




DOI: https://doi.org/10.53513/jis.v20i2.3750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal SAINTIKOM

 Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Komputer (STMIK) Triguna Dharma

Website : https://www.trigunadharma.ac.id/
Email : [email protected]