Analisa Pola Sistem Penjualan Makanan Ringan dengan Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • Zulham Zulham Universitas Dharmawangsa
  • Ibnu Rusydi Universitas Dharmawangsa
  • M. Arif Rahman Universitas Dharmawangsa

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v20i2.3744

Keywords:

Data Mining Apriori Asosiasi Support Confidence

Abstract

Penjualan makanan ringan merupakan sebuah kegiatan dalam memasarkan produk yang mana banyak dikosumsi oleh masyarakat. Dalam prosesnya, produsen menjual produknya ke masyarakat sesuai dengan permintaan dari konsumen dan menetapkan harga dari setiap harga produk tersebut. Terkadang produsen mengalamai kesulitan untuk mengetahui jenis permintaan konsumen sehingga produsen harus mencari solusi agar permintaan konsumen tersebut dapat terpenuhi dengan stok produk yang dimiliki oleh produsen.  Untuk itu produsen harus memiliki stok yang cukup agar pelanggan ataupun konsumen tidak beralih ke produsen lain. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pola dimana produsen dapat memenuhi permintaan pelanggan tanpa harus kekurangan stok produk. Dari banyak literatur yang direferensikan oleh peneliti terdapat teknik untuk menentukan pola unutk menentukan stok agar penjualan bisa lebih efektif dan efesien. Dengan demikian peneliti mengangkat judul “Analisa Pola Sistem Penjualan Makanan Ringan dengan Menggunakan Algoritma Aprioriâ€. Data Mining dengan Algoritma Apriori mendukung produsen untuk menentukan pola penjualan yang berbasis Information Technology sehingga mempermudah dalam proses pemasarannya.

References

A. Azwar, “Algorithm Apriori Use for a Consumer Behavior in,†Sains dan Inform., vol. 1, pp. 45–59, 2015.

H. Kusumo, E. Sediyono, and M. Marwata, “Analisis Algoritma Apriori untuk Mendukung Strategi Promosi Perguruan Tinggi,†Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, p. 49, 2019, doi: 10.21580/wjit.2019.1.1.4000.

R. Ruswati, A. I. Gufroni, and R. Rianto, “Associative Analysis Data Mining Pattern Against Traffic Accidents Using Apriori Algorithm,†Sci. J. Informatics, vol. 5, no. 2, pp. 91–104, 2018, doi: 10.15294/sji.v5i2.16199.

A. A. Agustian and A. Bisri, “Data Mining Optimization Using Sample Bootstrapping and Particle Swarm Optimization in the Credit Approval Classification,†Indones. J. Artif. Intell. Data Min., vol. 2, no. 1, pp. 18–27, 2019, doi: 10.24014/ijaidm.v2i1.6299.

L. I. Prahartiwi and W. Dari, “Algoritma Apriori untuk Pencarian Frequent itemset dalam Association Rule Mining,†PIKSEL Penelit. Ilmu Komput. Sist. Embed. Log., vol. 7, no. 2, pp. 143–152, 2019, doi: 10.33558/piksel.v7i2.1817.

R. Yanto and R. Khoiriah, “Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat,†Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 102, 2015, doi: 10.24076/citec.2015v2i2.41.

S. Rodiyansyah, “Algoritma Apriori untuk Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjualan,†Infotech J., vol. 1, no. 2, p. 236599, 2015.

N. Walia and A. Kalia, “Association rule mining for stock data,†Int. J. Adv. Sci. Technol., vol. 28, no. 19, pp. 796–802, 2019.

I. Suana, “Vol . 2 No . 1 Juni Tahun 2020 ISSN 2722-3612 Vol . 2 No . 1 Juni Tahun 2020,†vol. 2, no. 1, pp. 25–35, 2020.

A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,†J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 7, no. 3, p. 103, 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.

W. Choiriah, “Penggunaan Algorithma Apriori Data Mining Untuk Mengetahui Tingkatkesetiaan Konsumen (Brand Loyality) Terhadap Merek Kenderaan Bermotor (Studi Kasus Dealer Honda Rumbai),†J. Teknol. Inf. Komun. Digit. Zo., vol. 7, no. 1, p. 44, 2016.

K. Shaukat, S. Zaheer, and I. Nawaz, “Association Rule Mining: An Application Perspective,†Int. J. Comput. Sci. Innov., vol. 2015, no. 1, pp. 29–38, 2017.

A. H. Nasyuha, Zulham, I. Jang Cik, M. Amin, S. Candra Setia, and D. Siregar, “An Integrated Multi Criteria Decision Making Method for Fashion Selection,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1424, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1424/1/012030.

A. Ariya, “Stock Forecasting by Association Rule Mining,†Proc. 21st Asia-Pacific Conf. Glob. Business, Econ. Financ. Soc. Sci. (AP18Taiwan Conf., pp. 1–8, 2018.

K. A. Baffour and A. F. Adekoya, “A Modified Apriori Algorithm For Fast And Accurate Generation Of Frequent Item Sets,†Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 06, no. 08, pp. 169–173, 2017.

R. N. Saputra, M. T. Furqon, and Indriati, “Implementasi Association Rule Mining Untuk Menentukan Menu Paket Makanan Dengan Algoritma FIN Menggunakan Nodesets,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 10, pp. 3962–3967, 2018.

W. Aprianti, J. Permadi, and Oktaviyani, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Transaksi Penjualan Obat pada Apotek Azka,†Semin. Nas. Mat. dan Apl., no. February, pp. 436–442, 2017.

Downloads

Published

2021-09-08