Analisis Pengaruh Promosi Jabatan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Amik Medicom Medan

  • Lasrida Sigalingging AMIK Medicom Medan
Keywords: Promosi Jabatan, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Setiap Institusi khususnya Institusi Pendidikan mengharapkan setiap pegawainya menunjukkan kinerja yang baik agar tujuan  dari institusi dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Untuk meningkatkan kinerja pegawai diperlukan penggunaan sistem promosi yang tepat, motivasi keja yang tinggi dan kepuasan kerja yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi Jabatan, motivasi Kerja dan Kepuasan kerja terhadap Kinerja Pegawi AMIK MEDICOM  baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini merupakan penelitian statistik deskriptif  kuantitatif dan sifat penelitian merupakan  explanatory research. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah pegawai tetap pada AMIK MEDICOM berjumlah 75 orang yang sekaligus merupakan sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah  Analisis Jalur. Hasil penelitian membuktikan bahwa  Promosi Jabatan  berpengaruh positif dan  signifikan terhadap    terhadap  Kepuasan Kerja. Motivasi kerja berpengaruh positif dan  signifikan terhadap kinerja,  Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, Promosi Jabatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja, Uji koefisien determinasi membuktikan bahwa promosi jabatan dan motivasi kerja dapat menjelaskan kepuasan kerja dengan koefisien determi

References

As’ad.M. 1995. Psikologi Industri.Jakarta: Liberty

Ahmad Tohardi. 2002. Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Universitas Tanjung Pura.

Bianca, Audra. 2013. Pengaruh Motivasi, Pengembangan Karir, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Metode Structural Equation Modelling.

Jurnal Teknik Industri, Vol.1, No. 4 : 334-340.

Denim Sudarwan, prof. 2004. Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT.Rineka cipta.

Devi Eva Kris Diana. 2009. Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasional sebagai variabel intervening studi pada karyawan outsourcing PT. Semeru Karya Buana Semarang. Tesis. Semarang: PascaSarjana Universitas Diponegoro.

Flippo. Edwin B.1993. Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga.

Fadlallh, Abdul Wahid A. 2015. Impact of Job Satisfaction on Employees Performance an Application on Faculty Science and Humanity studies University of Salman Bin Abdul Aziz Al Aflaj. International Journal of Innovation and Research in Educational Science (IJIRES). Vol. 2, No. 1: 26-32.

Gomes, Faustino C. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Hasibuan Malayu, S.P. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Henry Simamora. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Kadarisman. 2012. Manajemen Kompensasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published
2018-08-22
Section
Articles