Otomatisasi Tingkat Kecerah Layar (Screen Brightness) Pada Laptop Menggunakan Teknik Komunikasi Serial Berbasis Arduino

Authors

  • Saniman Saniman STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v19i1.233

Keywords:

Laptop Kecerahan Monitor Komunikasi Serial Arduino.

Abstract

Penggunaan laptop saat ini dinilai lebih efektif dibandingkan dengan komputer. Tetapi masih ada beberapa fitur laptop yang belum optimal dalam penggunaannya. Diantaranya adalah tingkat kecerahan layar pada monitor laptop yang masih diatur secara manual oleh pengguna laptop itu sendiri. Terdapat beberapa kendala ketika ingin menggunakan fitur tersebut yang berakibat pada ketidaknyamanan pengguna. Salah satunya adalah kelelahan pada mata. Jarak yang tidak sesuai juga dapat berbahaya bagi mataDiciptakan suatu sistem yang dapat mengatur tingkat kecerahan layar monitor laptop secara otomatis serta dapat memberikan peringatan terhadap jarak aman penggunaan laptop. Dengan memanfaatkan teknik komunikasi serial. Teknik komunikasi serial digunakan sebagai komunikasi dalam sistem yaitu komunikasi yang terjadi antara arduino dan laptop. Komunikasi serial melakukan pengiriman data per-bit secara berurutan. Data yang dikirim adalah data hasil pembacaan sensor LDR dan sensor ultrasonik.Sistem ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah dalam penggunaan laptop. Selain itu, sistem ini juga diharapakan dapat mengurangi kelelahan pada mata akibat tingkat kecerahan monitor yang tidak sesuai dan jarak penggunaan yang terlalu dekat.

References

Ginting, E. (Oktober 2015). Pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian laptop merek “ASUS†: Studi kasus pada mahasiswa Universitas Budi Luhur periode September – Desember 2014. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 4(2), 1-19.

Tomasua, S., Triyanto, D., & Nirmala, I. (2016). Sistem kendali dan monitoring penggunaan peralatan listrik di rumah menggunakan Raspberry Pi dan Web Service. Jurnal Coding, Sistem Komputer Untan, 4(3), 85-96.

Siswanto, D., & Winardi, S. (Juli 2015). Jemuran pakaian otomatis menggunakan sensor hujan dan sensor ldr berbasis Arduino Uno. Jurnal NARODROID, 1(2), 66-73.

Prayudha, J., Nofriansyah, D., & Ikhsan, M. (September 2014).Otomatisasi pendeteksi jarak aman dan intensitas cahaya dalam menonton televisi.

Downloads

Published

2020-02-24