Sistem Cerdas Pemanggang Jagung Semi Otomatis Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Metode PWM (Pulse Width Modulation

  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma
  • Yusnidah Yusnidah STMIK Triguna Dharma
  • Zulkifli Lubis STMIK Triguna Dharma
Keywords: Pembakaran Jagung, Pulse Width Modulation, Mikrokontroler, Sensor LM35

Abstract

Proses pembakaran jagung yang dilakukan para pedagang saat ini dilakukan secara konvensional, pada saat pembalikan jagung dilakukan dengan manual dibalikkan dengan menggunakan tangan dan pada saat mengipas juga dilakukan dengan tangan sehingga cukup banuak tenaga yang dikeluarkan. Proses seperti ini mengakibatkan kematangan jagung tidak merata.Dari hasil pengamatan inilah terbentuk suatu ide dimana pada saat proses pembakaran jagung dan pengipasan dilakukan secara otomatis. Dengan penambahan sensor LM35 sebagai pendeteksi suhu dan Motor DC sebagai pembalik/penggerak jagung yang dikendalikan oleh mikrokontroler serta implementasi teknik PWM (Pulse Width Modulation), digunakan untuk mengatur kecepatan putar alat pemanggang jagung.Dengan solusi yang dirancang tersebut dapat membantu pembakaraan agar lebih rata, cepat dan lebih banyak jagung. Jika bara api menyala dengan baik, pemutaran/pembalikkan jagung akan berputar sesuai bara api, sehingga waktu yang dibutuhkan akan lebih cepat. Teknik yang digunakan membuat sistem tidak menghabiskan sumber daya yang cukup banyak

References

Darmawan, A. H. A. (2016). Arduino Belajar Cepat Dan Pemrograman. Bandung. Informatika Bandung.

Kadir, A. (2013). Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino. Yogyakarta : ANDI.

Nuchayo, S. (2012). Aplikasi Dan Teknik Pemrograman Mikrokontroler AVR Atmel. Yogyakarta : ANDI.

Syahrul, (2014). Pemrograman Mikrokontroler AVR Bahasa Assembly dan C. Bandung : Informatika Bandung.

Syahwil, M. (2013). Panduan Mudah Simulasi dan Praktik Mikrokontroler Arduino. Yogyakarta : ANDI.

Reski, (2012). Perilaku Kadar Air Dan Warna Biji Jagung Perilaku Kadar Air Dan Warna Biji Jagung Menurut Waktu Panen Perilaku Kadar Air Dan Warna Biji Jagung. Ditemukenali 05 April 2017, dari http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/3662.

Published
2019-02-22