Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Pada BPS Deli Serdang

  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Nurdiyanti Safitri STMIK Triguna Dharma
Keywords: Laju Pertumbuhan Penduduk, Data Mining, Regresi Linier Berganda

Abstract

Data mining merupakan proses analisa data untuk menemukan suatu pola dari kumpulan data tersebut. Data mining mampu menganalisa data yang besar menjadi informasi berupa pola yang mempunyai arti bagi pengambil keputusan.Dalam skripsi ini yang akan dibahas adalah mengenai prediksi laju pertumbuhan penduduk pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang.Salah satu teknik yang ada pada data mining adalah estimasi. Pada skripsi ini akan dibahas teknik estimasi yang diterapkan untuk menemukan pola yang terjadi pada data penduduk terutama hal yang berkaitan dengan laju pertumbuhan penduduk pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang. Teknik estimasi yang akan digunakan adalah Regresi Linear Berganda.Metode ini dipilih karena mampu membuat suatu estimasi/prediksi dengan memanfaatkan data-data lama mengenai laju pertumbuhan penduduk. Sehingga dapat dihasilkan suatu pola hubungan antara atribut-atribut yang mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk. Metode Regresi Linear Berganda ini bertujuan untuk membuat persamaan regresi dan prediksi terbaik berdasarkan atribut-atribut yang ada

References

Saharia Samsu (2013). Analisis Pengakuan Dan Pengukuran Pendapatan Berdasarkan Psak No. 23 Pada Pt. Misa Utara Manado. Jurnal EMBA, 1(3),571.

Muhammad Syahrizal (2012). Perancangan Sistem Aplikasi Pembuatan Roster Mata Kuliah Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, 1(3),38.

Harris Kurniawan, et.al (2014). Analisa Pola Data Penyakit Rumah Sakit Dengan Menerapkan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Seminar Nasional Informatika, 196.

Febri Nova Lenti (2014). Rekayasa Database Terdistribusi Pada Layanan Pemesanan Tiket Pesawat Terbang. Jurnal Teknologi Technoscienta, 6(2),130.

Ali Fikri (2009). Penerapan Data Mining Untuk Mengetahui Tingkat Kekuatan Beton Yang Dihasilkan Dengan Metode Estimasi Menggunakan Linear Regression.

Published
2019-02-22