Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Duta Sekolah untuk Lomba Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realite (Electre)

  • Beni Andika STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma
Keywords: Lomba Kompetensi, Siswa Sistem Pendukung Keputusan, ELECTRE

Abstract

Penggunaan konsep dan metode merupakan salah satu faktor pendukung saat sebuah sistem diimplementasikan untuk menghasilkan suatu keputusan dari beberapa data yang akan diseleksi. Problem Lomba Kompetensi Siswa-Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) adalah menyeleksi siswa-siswi terbaik dari seluruh pendaftar untuk dipilih dan diikutkan lomba. Hasil seleksi siswa akan dilakukan pembinaan oleh tim bidang kompetisi dan akan diikut sertakan pada kompetisi keahlian tingkat nasional. Dengan melibatkan sebuah metode, suatu sistem akan menghasilkan sebuah keputusan yang sesuai untuk penyeleksian data.Metode untuk menentukan hasil seleksi adalah metode Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realité (Electre). Electre merupakan metode pengambilan keputusan multikriteria berdasarkan pada konsep Outranking dengan menggunakan perbandingan berpasangan dari alternatif-alternatif berdasarkan setiap kriteria yang sesuai. Adapun kriteria yang dipakai yaitu: Hasil Gambar, Penguasaan Editing, Penguasaan Software Grafis, Kreativitas, dan Waktu Penyelesaian. Hasil akhir dari penelitian ini diharapkan dapat membantu merekomendasikan siswa-siswi yang layak untuk ikut berpartisipasi dalam lomba LKS tersebut

References

A.S Rosa & Shalahuddin M. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika

Kusumadewi, Sri, Hartati, Harkojo, Wardoyo. 2006. Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Danton Sihombing, MFA 2001. TIPOGRAFI dalam desain grafis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Sulindawati dan Muhammad Fathoni, 2010. Jurnal SAINTIKOM Vol. 9, No. 2 Agustus 2010

Kusrini, M.Kom. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi

A.M. Hirin. 2011. Belajar Tuntas VB.NET 2010 (Dari Dasar Sampai Mahir. Jakarta. PT. Prestasi Pusta Karaya

Djoko Pramono. 2011. Manajemen Database Relasional dengan Access 2010. Jakarta : PT. Elex

Published
2019-02-22