Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Tiban Ayu

Authors

  • delyindah sari ITEBA

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v4i2.9862

Keywords:

literasi digital,teknologi,keamanan digital,pelatihan,masyarakat

Abstract

Pelatihan peningkatan literasi digital masyarakat tiban ayu bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memanfaatkan teknologi digital secara efektif dan aman, inisiatif ini melibatkan pendekatan konherensif kelas tatapmuka, dengan materi pelatihan berupa modul yang disesuaikan dengan kebutuhan literasi digital masyarakat. Dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan penyesuaian keberlanjutan berdasarkan unpan balik, peningkatan akses teknologi dan fokus pada keamanan digital program pelatihan ini berusaha mengatasi tantangan spesifik yang dihadapi oleh masyarakat Tiban Ayu. Kesadaran yang dilakukan secara terus menerus dan pengembangan konten yang relevan secara lokal lebih lanjut untuk meningkatkan jangkauan dan efektivitas program. Tujuan akhir adalah menciptakan program literasi digital yang berkelanjutan yang dikelola oleh masyarakat yang kedepannya secara signifikan meningkatkan kualitas hidup warga Tiban Ayu melalui pemanfaatan alat dan sumber daya digital yang lebih baik.

References

Bahri, S. (2021). Literasi Digital Menangkal Hoaks Covid-19 Di Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1).

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Ketut, N., Muliastrini, E., Nyoman, N., Handayani, L., Agama, S., Amlapura, H., Mpu, S., & Singaraja, K. (2021). Gerakan Literasi Digital Bermuatan Karakter Dalam Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 3.

Muliani, A., Karimah , M., Liana, M. A., Anodhea, S., Pramudita , E., Riza , M. K., &

Indramayu , A. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Revolusi

Industri 4.0 untuk Kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2). Muntaqo, R. (2017). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Perkembangan Budaya

Masyarakat. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Prasetiono, S. J., & Fayola, R. R. (2021). Literasi Digital untuk Membekali Generasi Muda

dalam Upaya Menangkal Konten Negatif Internet. Prosiding Seminar Nasional Program

Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.21.521

Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui

Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika,

(1).

Rochadiani, T. H., Santoso, H., & Dazki, E. (2020). Peningkatan Literasi Digital Pada Masa

Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Saomah, A. (2017). Implikasi Teori Belajar Terhadap Pendidikan Literasi. Pendidikan.

Yanti, M., & Yusnaini, Y. (2018). THE NARRATION OF DIGITAL LITERACY

MOVEMENT IN INDONESIA. INFORMASI, 48(2), 243–255. https://doi.org/10.21831/informasi.v48i2.21148

Downloads

Published

2024-07-29