Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Tiban Ayu
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v4i2.9862Keywords:
literasi digital,teknologi,keamanan digital,pelatihan,masyarakatAbstract
Pelatihan peningkatan literasi digital masyarakat tiban ayu bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memanfaatkan teknologi digital secara efektif dan aman, inisiatif ini melibatkan pendekatan konherensif kelas tatapmuka, dengan materi pelatihan berupa modul yang disesuaikan dengan kebutuhan literasi digital masyarakat. Dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan penyesuaian keberlanjutan berdasarkan unpan balik, peningkatan akses teknologi dan fokus pada keamanan digital program pelatihan ini berusaha mengatasi tantangan spesifik yang dihadapi oleh masyarakat Tiban Ayu. Kesadaran yang dilakukan secara terus menerus dan pengembangan konten yang relevan secara lokal lebih lanjut untuk meningkatkan jangkauan dan efektivitas program. Tujuan akhir adalah menciptakan program literasi digital yang berkelanjutan yang dikelola oleh masyarakat yang kedepannya secara signifikan meningkatkan kualitas hidup warga Tiban Ayu melalui pemanfaatan alat dan sumber daya digital yang lebih baik.References
Bahri, S. (2021). Literasi Digital Menangkal Hoaks Covid-19 Di Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1).
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609
Ketut, N., Muliastrini, E., Nyoman, N., Handayani, L., Agama, S., Amlapura, H., Mpu, S., & Singaraja, K. (2021). Gerakan Literasi Digital Bermuatan Karakter Dalam Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 3.
Muliani, A., Karimah , M., Liana, M. A., Anodhea, S., Pramudita , E., Riza , M. K., &
Indramayu , A. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Revolusi
Industri 4.0 untuk Kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2). Muntaqo, R. (2017). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Perkembangan Budaya
Masyarakat. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.
Prasetiono, S. J., & Fayola, R. R. (2021). Literasi Digital untuk Membekali Generasi Muda
dalam Upaya Menangkal Konten Negatif Internet. Prosiding Seminar Nasional Program
Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.21.521
Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui
Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika,
(1).
Rochadiani, T. H., Santoso, H., & Dazki, E. (2020). Peningkatan Literasi Digital Pada Masa
Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Saomah, A. (2017). Implikasi Teori Belajar Terhadap Pendidikan Literasi. Pendidikan.
Yanti, M., & Yusnaini, Y. (2018). THE NARRATION OF DIGITAL LITERACY
MOVEMENT IN INDONESIA. INFORMASI, 48(2), 243–255. https://doi.org/10.21831/informasi.v48i2.21148