Pelatihan Aplikasi Perkantoran Untuk Santriawan Pesantren Darul Mahmuda Desa Klambir Hamparan Perak
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v4i2.9767Keywords:
Pesantren, Darul Mahmuda, SantriAbstract
Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri. Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Kompleks ini biasanya dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pesantren juga dapat dipahami sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran agama, umumnya dengan cara nonklasikal, di mana seorang kiai mengajarkan ilmu agama Islam kepada santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa Arab oleh Ulama Abad pertengahan, dan para santrinya biasanya tinggal di pondok (asrama) dalam pesantren tersebut. Perkembangan teknologi tidak dapat dilepaskan bagi santri pesantren karena proses belajar- mengajar saat ini mesti berbasiskan teknologi. Jadi santri juga harus banyak memahami teknologi. Untuk mendapatkan pengetahuan itu pelatihan bagi santri merupakan salah satu yang harus dilakukan.References
Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
Komariyah, N. (2016). Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 221–240.
Marsum, M., & Syahroni, A. W. (2020). Efektifitas Penggunaan Teknologi Pada Pesantren Modern Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Kariman, 8(02), 233–242. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.155
Maulida, E., Kasofi, A., & Balqis. (2021). Peningkatan Pemahaman dan Kesiapan Generasi Muda dalam Menghadapi Tantangan Tempat Kerja Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita , 02(02), 148–159.
Mulya, F. S. (2022). Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat PENDAMPINGAN GURU DALAM PENGISIAN KONTEN MATERI AJAR TATA BAHASA INGGRIS DASAR PADA WEBSITE GRAMMAR. Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 72–77.
Syafei, I. (2017). Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8, 85–103.
Wahyuningsih, E. D., Yulianto, H., & Aniqotunnafiah, A. (2023). Pemetaan Potensi Desa bagi Pengembangan UMKM di Desa Cerme, Kec. Juwangi, Kab. Boyolali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 100–106. https://doi.org/10.54066/abdimas.v2i1.272