Pelatihan Aplikasi Perkantoran Untuk Santriawan Pesantren Darul Mahmuda Desa Klambir Hamparan Perak

Authors

  • ishak ishak STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma
  • Darjad Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Saniman STMIK Triguna Dharma
  • M. Zunaidi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v4i2.9767

Keywords:

Pesantren, Darul Mahmuda, Santri

Abstract

Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri. Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Kompleks ini biasanya dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pesantren juga dapat dipahami sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran agama, umumnya dengan cara nonklasikal, di mana seorang kiai mengajarkan ilmu agama Islam kepada santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa Arab oleh Ulama Abad pertengahan, dan para santrinya biasanya tinggal di pondok (asrama) dalam pesantren tersebut. Perkembangan teknologi tidak dapat dilepaskan bagi santri pesantren karena proses belajar- mengajar saat ini mesti berbasiskan teknologi. Jadi santri juga harus banyak memahami teknologi. Untuk mendapatkan pengetahuan itu pelatihan bagi santri merupakan salah satu yang harus dilakukan.

Author Biography

ishak ishak, STMIK TRIGUNA DHARMA

Program Studi Sistem Komputer

References

Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Komariyah, N. (2016). Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 221–240.

Marsum, M., & Syahroni, A. W. (2020). Efektifitas Penggunaan Teknologi Pada Pesantren Modern Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Kariman, 8(02), 233–242. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.155

Maulida, E., Kasofi, A., & Balqis. (2021). Peningkatan Pemahaman dan Kesiapan Generasi Muda dalam Menghadapi Tantangan Tempat Kerja Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita , 02(02), 148–159.

Mulya, F. S. (2022). Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat PENDAMPINGAN GURU DALAM PENGISIAN KONTEN MATERI AJAR TATA BAHASA INGGRIS DASAR PADA WEBSITE GRAMMAR. Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 72–77.

Syafei, I. (2017). Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8, 85–103.

Wahyuningsih, E. D., Yulianto, H., & Aniqotunnafiah, A. (2023). Pemetaan Potensi Desa bagi Pengembangan UMKM di Desa Cerme, Kec. Juwangi, Kab. Boyolali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 100–106. https://doi.org/10.54066/abdimas.v2i1.272

Downloads

Published

2024-07-29