Pelatihan ChatGPT Sebagai Alat Bantu Belajar Mandiri Bagi Pelajar di Desa Kandangserang Kabupaten Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v4i2.9666Keywords:
Teknologi Informasi, Kecerdasan Buatan, ChatGPT, Pelatihan, Belajar MandiriAbstract
Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat berdampak besar terhadap berbagai aspek kehidupan. Teknologi informasi merupakan jenis teknologi yang membantu manusia dalam mengolah dan memperoleh informasi, contohnya adalah Kecerdasan Buatan (AI). ChatGPT adalah AI dari OpenAI yang dapat digunakan sebagai alat bantu belajar mandiri. Desa Kandangserang adalah sebuah desa di Kabupaten Pekalongan yang terletak di daerah pegunungan dan memiliki kondisi jalan yang kurang baik. Kondisi ini menyebabkan banyak pelajar di Desa Kandangserang memilih belajar di rumah secara mandiri saat musim hujan tiba, karena jalan menjadi sulit untuk dilalui. Oleh karena itu, dilakukan pengabdian kepada masyarakat dengan menyelenggarakan pelatihan ChatGPT bagi pelajar di Desa Kandangserang. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan ChatGPT sebagai alat bantu belajar mandiri bagi pelajar di Desa Kandangserang. Pelatihan dilakukan menggunakan metode presentasi dan praktik langsung. Peserta pelatihan diberi Pre-Test dan Post-Test untuk mengukur kemampuan awal dan akhir mereka terkait materi yang diajarkan. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan peserta dalam menggunakan ChatGPT untuk membantu mereka belajar secara mandiri, hal ini terlihat dari hasil kuesioner Pre-Test dan Post-Test dimana dari 6 pertanyaan yang diajukan, rata-rata terjadi peningkatan sebanyak 68,3% peserta yang awalnya menjawab tidak bisa menggunakan ChatGPT untuk mengerjakan sebuah perintah menjadi bisa menggunakannya setelah mengikuti pelatihan.References
Ahmad, N., Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70–79. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464
Bordt, S., & von Luxburg, U. (2023). ChatGPT Participates in a Computer Science Exam. https://doi.org/10.48550/arXiv.2303.09461
Irawan, A. A., & Neneng, N. (2021). SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB (STUDI KASUS SMA FATAHILLAH SIDOHARJO JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN). Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 245–253. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.620
Jiao, W., Wang, W., Huang, J., Wang, X., Shi, S., & Tu, Z. (2023). Is ChatGPT A Good Translator? Yes With GPT-4 As The Engine. https://doi.org/10.48550/arXiv.2301.08745
King, M. R. (2023). The Future of AI in Medicine: A Perspective from a Chatbot. Annals of Biomedical Engineering, 51(2), 291–295. https://doi.org/10.1007/s10439-022-03121-w
Kirmani, A. R. (2023). Artificial Intelligence-Enabled Science Poetry. ACS Energy Letters, 8(1), 574–576. https://doi.org/10.1021/acsenergylett.2c02758
Leiter, C., Zhang, R., Chen, Y., Belouadi, J., Larionov, D., Fresen, V., & Eger, S. (2023). ChatGPT: A Meta-Analysis after 2.5 Months. https://doi.org/10.48550/arXiv.2302.13795
Marcellino, A., Fernandes, D. R., Caroline, F., Hasan, N. J. P., Moniung, Y. C., & Pribadi, M. R. (2023). Pengenalan Web Ai Chatgpt (Generative Pre-Trained Transformer) Oleh Openai Di Smp Indriasana Palembang. ABDIMAS IPTEK, 3(2), 96. https://doi.org/10.53513/abdi.v3i2.8351
Marlin, K., Tantrisna, E., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.7119
Pujiono, I. P., Izzati, F. A., & Puspitaningrum, D. (2023). WORKSHOP PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBUATAN BAHAN AJAR BAGI GURU SDN 1 BUKUR DAN SDN 2 BUKUR. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1550. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.15959
Pujiono, I. P., Rachmawanto, E. H., & Hana, F. M. (2024). Pengaruh Asisten Virtual Berbasis Artificial Intelligence Terhadap Integritas Sertifikasi Kompetensi Pemrograman secara Online. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 6(01), 34–46. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1052
Ramadani, P. W., Wahyuningtyas, L. P., Bachtiar, M. T., & Damariswara, R. (2023). Analisis Keterampilan Bertanya Mahasiswa Saat Presentasi Dalam Kelas. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(3), 1569–1576. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1569-1576.2023
Ramadhani, R. Z., Rusdianto, H., & Yahya, V. (2019). RANCANG BANGUN APLIKASI PUSAT INFORMASI SEKOLAH DENGAN PENERAPAN CHATBOT MENGGUNAKAN AIML BERBASIS ANDROID PADA SMK OTOMOTIF AL HUSNA TANGERANG. JIKA (Jurnal Informatika), 3(2). https://doi.org/10.31000/jika.v3i2.2076
Rudolph, J., Tan, S., & Tan, S. (2023). ChatGPT: Bullshit spewer or the end of traditional assessments in higher education? Journal of Applied Learning & Teaching, 6(1). https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.1.9
Šlapeta, J. (2023). Are ChatGPT and other pretrained language models good parasitologists? Trends in Parasitology, 39(5), 314–316. https://doi.org/10.1016/j.pt.2023.02.006
Sobania, D., Briesch, M., Hanna, C., & Petke, J. (2023). An Analysis of the Automatic Bug Fixing Performance of ChatGPT. https://doi.org/10.48550/arXiv.2301.08653
Sulfiyah, & Cahyaningsih, U. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELS IV SEKOLAH DASAR. Seminar Nasional Pendidikan, 271–275.
Wu, T., He, S., Liu, J., Sun, S., Liu, K., Han, Q.-L., & Tang, Y. (2023). A Brief Overview of ChatGPT: The History, Status Quo and Potential Future Development. IEEE/CAA Journal of Automatica Sinica, 10(5), 1122–1136. https://doi.org/10.1109/JAS.2023.123618
Zuraiyah, T. A., Utami, D. K., & Herlambang, D. (2019). IMPLEMENTASI CHATBOT PADA PENDAFTARAN MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN RECURRENT NEURAL NETWORK. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, 24(2), 91–101. https://doi.org/10.35760/tr.2019.v24i2.2388