Pemanfaatan Platform Digital untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Swasta Al-Hidayah Polonia

Zaimah Panjaitan, Dicky Nofriansyah, Luthfi Halim, Annisa Nirmala, Sobirin Sobirin

Abstract


Teknologi berkembang pesat sehingga menjadi hal yang wajib untuk dikuasi sejak di bangku sekolah. Platform digital telah hadir di setiap perangkat yang bisa diakses oleh siapa saja termasuk siswa Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP). Permasalahan yang hadir pada saat ini adalah bagaimana platform digital yang telah mudah diakses dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas pemanfaatan platform digital dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Swasta Al-Hidayah Polonia. Melalui pendekatan penelitian tindakan, studi ini melibatkan pengembangan dan implementasi platform digital khusus yang dirancang untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah tersebut. Adapun metode yang dilakukan adalah dengan terjun langsung ke sekolah tersebut untuk memberikan arahan bagi siswa dan guru dalam memanfaatkan platform digital dalam kegiatan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di berbagai mata pelajaran. Temuan ini memberikan dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan berbasis teknologi untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Swasta Al-Hidayah Polonia serta sekolah-sekolah lainnya. 


Full Text:

PDF

References


Azhary, Diyna Auliya, Suhendar Suhendar, and Gina Nuranti. 2021. “Pengaruh Self Regulated Learning Berbasis Literasi Digital Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa.” Biodik 7(2): 1–10.

Desi, Yolanda Presiana. 2020. “Gerakan Literasi Digital Berbasis Sekolah: Implementasi Dan Strategi.” Jurnal Ilmu Komunikasi 17(1): 51.

Dewi, Dinie Anggraeni et al. 2021. “Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pemanfaatan Literasi Digital.” Jurnal Basicedu 5(6): 5249–57.

Hikmah, Sofia Nurul, and Sugama Maskar. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Powerpoint Pada Siswa Smp Kelas Viii Dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1(1): 15–19.

Mu’ah, Mu’ah et al. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Digital Dalam Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Era New Normal.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage 1(2): 122–28.

Naila, Ishmatun, Muhammad Ridlwan, and Muhammad Amirul Haq. 2021. “Literasi Digital Bagi Guru Dan Siswa Sekolah Dasar: Analisis Konten Dalam Pembelajaran.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 7(2): 166–122.




DOI: https://doi.org/10.53513/abdi.v4i1.9600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.