Pelatihan Pembelajaran Computational Thinking Untuk Guru SMP 1 Negeri Baleendah
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Baratè, A., Ludovico, L. A., & Malchiodi, D. (2017). Fostering Computational Thinking in Primary School through a LEGO®-based Music Notation. Procedia Computer Science, 112(December), 1334–1344. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.08.018
Cervera, N., Diago, P. D., Orcos, L., & Yáñez, D. F. (2020). The acquisition of computational thinking through mentoring: An exploratory study. Education Sciences, 10(8), 1–11. https://doi.org/10.3390/educsci10080202
Csizmadia, A., Curzon, P., Dorling, M., Humphreys, S., Ng, T., Selby, C., & Woollard, J. (2015). Computational Thinking: A Guide for Teachers. Computing At School, October 2018, 18.
Daniel Ness, S. J. F. (2007). Blocks, Bricks, and Planks Relationships between Affordance and Visuo-Spatial Constructive Play Objects s. American Journal of Play, 8(2), 201–227.
Kartarina, K., Madani, M., Supatmiwati, D., Riberu, R. A., & Lestari, I. P. (2021). Sosialisasi dan Pengenalan Computational Thinking kepada Guru pada Program Gerakan Pandai oleh Bebras Biro Universitas Bumigora. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.30812/adma.v2i1.1271
Lenggogeni, L., Roqoyyah, S., & Siliwangi, I. (2021). Penggunaan Media Video Animasi Berbantuan Scratch Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Daur Hidup Hewan Kelas Iv. Journal of Elementary Education, 04(02), 249–256.
Ningsih, A. G., Nursaid, N., Hafrison, M., Indriyani, V., & Kurniawan, K. (2023). Training on Using Prezi as an Innovative Learning Media. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 608–615. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i3.13456
Nurmuslimah, H. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Soal Berbasis Kebudayaan Islam dan Computational Thinking. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 78–84.
Pratiwi, U., & Nanto, D. (2019). Students’ Strategic Thinking Ability Enhancement in Applying Scratch for Arduino of Block Programming in Computational Physics Lecture. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(2), 193–202. https://doi.org/10.21009/1.05215
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, K. (2019). Pedoman implementasi muatan/mata pelajaran informatika kurikulum 2013: jenjang pendidikan dasar dan menengah. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.
Seckel, M. J., Salinas, C., Font, V., & Sala-Sebastià, G. (2023). Guidelines to develop computational thinking using the Bee-bot robot from the literature. Education and Information Technologies, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11843-0
Sholeh, M., Pradnyana, I. W. J., & Ridhoni, I. W. (2022). Menumbuhkan Minat Anak-Anak dalam Belajar Koding dengan Menggunakan Aplikasi Scratch. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 72–79. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.151
Sriwinarti, N. K., Apriani, A., Supatmawati, D., Kartarina, K., & Ismarmiaty, I. (2022). Pendampingan Proses Pembuatan Soal Berbasis Computational Thinking kepada Guru pada Guru-Guru Tingkat SD dan SMP Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 209–220. https://doi.org/10.30812/adma.v2i2.1568
Suktiningsih, W., Supatmiwati, D., Dasriani, N. G. A., Apriani, A., & Ismarmiaty, I. (2021). Pengenalan Pemikiran Computational Thinking untuk Guru MI dan MTs Pesantren Nurul Islam Sekarbela. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM), 2(1), 91–102. https://doi.org/10.36914/jkum.v2i1.490
Trisnowati, E., Julianto, E., Dewantari, N., & Siswanto. (2021). Pengenalan Computational Thinking dan Aplikasinya dalam Pembelajaran IPA SMP. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 177–182. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v2i2.4514
Vivi Irzalinda, Nawangsasi, D., & Sugiana. (2021). Efektifitas Pelatihan Teknik Pop-Up Untuk Meningkatkan Kreativitas Pendidik Anak Usia Dini. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 887–897. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.4991
Wibawa, H. A., Saputra, R., Sasongko, P. S., Adhy, S., & Rismiyati, R. (2020). Pelatihan Computational Thinking bagi Guru SMP-SMK Muhammadiyah 2 Kota Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 173–178. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.3041
Widiningrum, W. N., Hardyanto, W., Wahyuni, S., Marwoto, P., & Mindyarto, B. N. (2021). Meta-Analisis Media Scratch terhadap Keterampilan Computational Thinking Siswa SMA dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 8(1), 1. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v8i1.19433
DOI: https://doi.org/10.53513/abdi.v4i1.9570
Refbacks
- There are currently no refbacks.