PKM Penerapan Aplikasi Presensi Guru Pada SMKS TIK Darussalam Medan

Junus Sinuraya, Wiwin Sry A B, Azanuddin Azanuddin, Marliana Sari

Abstract


Kedisiplinan guru memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Selain itu, sikap dan tindakan pimpinan sekolah memengaruhi kedisiplinan guru. SMKS TIK Darusalam berusaha meningkatkan kedisiplinan yang terintegrasi dengan teknologi untuk meningkatkan kualitas karyawan. SMKS TIK Darussalam menghadapi masalah kedisiplinan sumber daya manusia, khususnya tenaga pengajar. Absensi guru dicatat secara manual, sehingga sulit untuk memantau kehadiran guru secara akurat dan sulit melakukan rekapitulasi absensi karena pengarsipan masih manual, sehingga data dapat hilang. Proses kedisiplinan yang terintegrasi dengan sistem dan aplikasi diperlukan untuk mengatasi masalah ini. dimana perangkat di sistem tersebut menggunakan teknologi digital, seperti tanda sidik jari atau tanda jari, untuk merekam kehadiran guru. Salah satu cara menggunakan teknologi digital untuk mendisiplinkan guru dan melacak kehadiran guru secara efektif dan efisien adalah finger print. Pada SMKS TIK Darussalam, kegiatan pengabdian dilakukan melalui demo, diskusi, dan praktik. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian termasuk absensi guru-guru dan aplikasi presensi terintegrasi.


Full Text:

PDF

References


Dinasari, W., Budiman, A., & Megawaty, D. A. (2020). Sistem Informasi Manajemen Absensi Guru Berbasis Mobile (Studi Kasus: Sd Negeri 3 Tangkit Serdang). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 50-57.

INDONESIA, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Khotimah, T., Nindyasari, R., & Kusuma, L. P. (2022). Penerapan Aplikasi Presensi Berbasis Web Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 5(4), 776-781.

Harahap, F. D. S. (2017). Profesionalisme Guru Dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 10(1), 52-75.

Karu, K., & Jain, A. K. (1996). Fingerprint classification. Pattern recognition, 29(3), 389-404.

Suwastika, N., Sukarno, P., & Yasirandi, R. (2022). Pembangunan dan Sosialisasi Sistem Validasi Sistem Validasi Penjemputan Murid TK Berbasis Autentikasi Fingerprint di TK Tunas Cilik, Kota Bandung. Jurnal Pemanfaatan Teknologi untuk Masyarakat: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 43-52.

Lestandy, M., Firmansyah, Y. N., Rizkianto, S., & Syafaah, L. (2022). Pelatihan Dan Penerapan Finger Print Attendance Untuk Pencatatan Data Kehadiran Guru Tk Aba 16 Malang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1).

Syahputra, A., & Putra, H. R. (2020). Persepsi masyarakat terhadap kegiatan kuliah pengabdian masyarakat (Kpm). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 1-20.




DOI: https://doi.org/10.53513/abdi.v4i1.9557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.