Pengembangan Parawisata Dengan Inovasi Digitalisasi Melalui Platfrom Bloger Pada Desa Kedai Gadang Kabupaten Barus

Dimas Fadhlurrohman, Zuli Agustina Gultom, Firahmi Rizky, Farid Akbar Siregar, Mahardika Abdi Prawira Tanjung, Alhamidy Alhamidy

Abstract


Teknologi telah memengaruhi hampir semua aspek industri pariwisata maupun perekonomian. Para wisatawan akan merencanakan perjalanan merdeka dengan berinteraksi dan berbagi pengalaman di media social. Social media merupakan salah satu bagian dati teknologi. Teknologi ini juga memberikan peluang bagi destinasi pariwisata dan ekonomi untuk meningkatkan layanan mereka dan mempromosikan diri dengan lebih efektif baik dari segi parawisata maupun ekonomi. Oleh karena itu, penggunaan teknologi dalam konteks Desa Wisata Kedai Gadang dapat dilihat sebagai langkah cerdas untuk memenuhi ekspektasi wisatawan modern. Dalam upaya untuk melihat potensi serta peluang wisata di Desa Wisata Kedai Gadang, akan diberikan sentuhan teknologi dalam berbagai aspek. Salah satu contohnya adalah Pembagunan blogger sederhana terkait pengenalan Desa Wisata Kedai Gadang. Blogger ini telah dikembangkan untuk memberikan panduan serta informasi kepada wisatawan, memungkinkan mereka untuk mempelajari sebelum mengeksplorasi desa ini dengan lebih baik. Berdasarkan hasil implementasi yang telah dilakukan, masyarakat sangat menyambut baik tentang sentuhan digital terhadap usaha UMKM maupun tempat pawawisata. 


Full Text:

PDF

References


Ardika, I Wayan, 2003. Pariwisata Budaya Berkelanjutan. Denpasar: Program Studi Magister Kajian Pariwisata, Universitas Udayana.

Putra, Agus Muriawan. 2006. ”Konsep Desa Wisata (Jurnal Manajemen Pariwisata, ISSN No. 1412 – 1263)”. Denpasar: STIE.

Soekadijo (1997) “Anatomi pariwisata: Memahami pariwisata sebagai system linkage”, Jakarta, PT Gramedia.

Sugiantoro,V, R, (2000), Pariwisata: Antara Realisasi dan Realita, Yogyakarta, Adi Cita Karya Nusa. Wahab, S. (1996), Manajemen Kepariwisataan, Alih Bahasa 0leh Drs Gromang F, Jakarta, PT Pradya Paramita.

Suyitno, 2001. Perencanaan Wisata, Yogyakarta: Kanisius Wawancara dengan beberapa Sumber Kompeten. 2015.

Supriyanto, Aji. 2007. Membuat Web dengan Blogger. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Ladjamudin, bin Al-Bahra. 2005. Analisis Dan Desain Website dengan blogger. Graha Ilmu Yogyakarta.

Jabrohim, 2007, Menggapai Desa Sejahtera Menuju Masyarakat Utama, Pustaka Pelajar dan Lembaga Pengabdian Masyarakat, Yogyakarta.

Peranginangin Kasiman, 2006, Aplikasi Web dengan HTML & CSS, Andi Offset,Yogyakarta

Kadir Abdul, 2008, DasarPemograman Web Dinamis Menggunakan HTML & CSS, Andi offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.53513/abdi.v4i1.9505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.