Sosialisasi Pengelolaan Instalasi Komputer Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Medan

Authors

  • Ramli Ramli Universitas Harapan Medan
  • David David Universitas Harapan Medan
  • Dody Hidayat Universitas Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v3i2.8740

Abstract

Komputer pada umumnya tersusun atas dua komponen utama yaitu perangkat    keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Kedua hal inilah yang membuat komputer tersebut menjadi alat elektronik multifungsi kepada penggunanya (brainware). Instalasi adalah proses pemasangan dan penyetingan perangkat keras dan perangkat lunak agar bisa digunakan oleh sistem. Pengelolaan Instalasi Komputer memberikan pembelajaran tentang segala sesuatu yang memungkinkan pengelolaan instalasi sistem komputer pada suatu instansi sehingga diharapkan mampu menjamin sistem komputer yang dipergunakan dapat dioperasikan secara maksimal. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan khususnya pada jurusan Teknik Komputer Jaringan yang berlokasi di Jl. STM No. 12E, Sitirejo, Amplas Kota Medan Sumatera. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar siswa/i mampu mengenal dan memahami perangkat keras, perangkat lunak, pengguna dan mampu mengelola instalasi komputer dengan baik dan benar. Kegiatan dilakukan dengan metode sosialisasi yaitu ceramah, demonstrasi dan tanya jawab dengan materi dikemas dalam powerpoit dan ditampilkan menggunakan infokus. Hasil akhir dari kegiatan yang telah dilaksanakan 75% siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini dapat mengetahui dan memahami komponen dasar sistem komputer, bagaimana pengelolaan instalasi komputer yang baik dan benar untuk diterapkan pada sebuah organisasi  serta manfaatnya..

References

DAFTAR PUSTAKA

Ansori, Z., dan Yulmaini, (2019), Pelatihan Pengenalan Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak Komputer Untuk Siswa-Siswi Sdn 1 Desa Batu Tegi Kecamatan Air Naningan, Publika Pengabdian Masyarakat, 1(1), 55-63.

Dewi, T., dan Irgi, M., A. (2020), Pengenalan Komponen Komputer Menggunakan Teknologi Augmented Reality, Jurnal Algoritma, 17(02), 547-552.

Fatimah, D., D., Tresnawati, D. dan Nugraha, A., (2019), Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer Berbasis Multimedia Dengan Pendekatan Metodologi (R&D), Jurnal Algoritma, 16(02), 173-180.

Ganda Y.,S. dan Yunes, P., (2016), Rekayasa Perangkat Lunak Pemesanan Tiket Bioskop Berbasis Web, Jurnal TEKNOIF, 4(2), 27-39.

Hidayat, U., N., Purwidiantoro, M., H.,, dan Purwanto, A., (2015), Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Praktikum Pengelolaan Instalasi Komputer Pada Amikom Cipta Darma Surakarta, Jurnal IT CIDA, 1(1), 1-12.

Pangaribowo T., Andika J., Hajar, M.H.I., Gunardi, Y., dan Salamah, K.S. (2023), Pelatihan Instalasi dan Pengenalan Perangkat Keras Komputer di Sekolah PKBM Amari Jakarta Barat, Jurnal Abdidas, 4(3), 289 – 293.

Pramadjaya, A., Romansyah, A., dan Septiani, S. (2022), Pengelolaan Instalasi Komputer, Banten, Unpam Press.

Wahono, S., dan Ali, H., (2021), Peranan Data Warehouse, Software Dan Brainware Terhadap Pengambilan Keputusan (Literature Review Executive Support Sistem For Business, Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi (JEMSI), 3(2), 225-239.

Zainal, A. dan Yulmaini. (2019), Pelatihan Pengenalan Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak Komputer Untuk Siswa-Siswi Sdn 1 Desa Batu Tegi Kecamatan Air Naningan, Publika Pengabdian Masyarakat, 1(1), 55-63.

Downloads

Published

2023-07-30