Workshop Desain Grafis Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Menggunakan Affinity Designer

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v3i2.8732

Abstract

Seiring dengan perkembangan IPTEK terutama di bidang komputer banyak aplikasi-aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendesain sebuah informasi menggunakan tolls yang ada. Masalah terjadi tingkat adalah pemahaman penggunaan aplikasi desain grafis masih banyak yang belum mampu menggunakannya misalnya pada siswa yang masih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan yang paling utama adalah jurusan multimedia. konsep dan tata letak sebuah objek desain adalah hal yang sangat diperhatikan agar informasi mudah dimengerti yang harus dipahami oleh calon desainer yang handal. Tidak menutup kemungkinan calon-calon desainer yang handal bisa muncul kepermukaan yang bisa memajukan poros sumber daya manusia  dari berbagai kalangan masyarakat sehingga dapat berdikari atau menciptakan lapangan kerja pada bidang advertising secara mandiri. Berdasarkan masalah yang sudah dikemukakan di atas maka solusi yang pertama adalah melaksanakan workshop kepada anak didik SMK yang mempunyai keinginan dalam bidang desain grafis, solusi berikutnya merekomendasikan perangkat lunak dan perangkat keras agar pada saat aktif dalam melakukan desain tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hasil yang didapatkan dalam pengadaan workshop ini adalah dapat membuat suasana lebih efektif sehingga menjadi produktif dalam bidang desain atau dengan adanya pelaksanaan ini dapat menyampingkan kegiatan-kegiatan yang tidak membawa manfaat kepada anak didik SMK yang sedang melaksanakan praktek lapangan kerja di kawasan kampus univesitas Budi Darma misalnya jika dibandingkan dengan bermain game seharian. Capain yang didapatkan dari hasil workshop yang dilaksanakan diharapkan mencapai 80% dalam arti hampir semua peserta mengerti dan paham dalam mengkonsep desain dan cara aplikasi Affinity Designer.

Author Biographies

Saidi Ramadan Siregar, Universitas Budi Darma

Teknik Informatika

Pristiwanto Pristiwanto, Universitas Budi Darma

Teknik Informatika

Azlan Azlan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Dewojati, R. K. W. (2015). Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan. Imaji, 7(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6633

Kurniasih, W. (2022). Desain Grafis: Pengertian, Jenis, dan Tugasnya. Www.Gramedia.Com. https://www.gramedia.com/best-seller/desain-grafis/

Raharjo, H. A., & Prihadi, J. D. (2017). Media Promosi Untuk Meningakatkan Citra Pada Smp an-Nur Bululawang Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 293–296.

Rheny, S. (n.d.). Definisi Workshop, Manfaat, Jenis, Bedaanya dengan Training. Www.Ekrut.Com. Retrieved August 4, 2022, from https://www.ekrut.com/media/workshop-adalah

Widya, L. A. D., & Darmawan, A. J. (2016). Bahan Ajar Kursus Dan Pelatihan Desain Grafis. In Pengantar Desain Grafis (Issue 1).

www.alatkreator.com. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Affinity Designer. https://alatkreator.com/kelebihan-dan-kekurangan-affinity-designer/

Downloads

Published

2023-07-28