Pembuatan Sistem Inventori Pada Tahfiz Darul Adib

Authors

  • Khairi Ibnutama STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Muhammad Gilang Suryanata STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Deski Helsa Pane STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Afdal Al Hafiz STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Zulkifli Lubis STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v3i2.8527

Abstract

Sistem inventori merupakan salah satu sistem yang penting untuk diimplementasikan dalam Tahfiz Darul Adib. Inventori mengacu pada koleksi barang atau jasa yang dimiliki oleh Tahfiz dan digunakan untuk keperluan operasional dan administratif. Implementasi sistem inventori dapat membantu Tahfiz dalam mengelola persediaan barang dan jasa yang dimiliki. Dengan sistem inventori, Tahfiz dapat dengan mudah mengetahui jumlah barang yang tersedia, waktu pembelian barang yang akan datang, dan juga mengetahui barang yang habis atau kurang. Sistem inventori juga dapat membantu dalam pengelolaan pembelian barang. Dengan sistem inventori, Tahfiz dapat dengan mudah mengetahui barang yang harus dibeli, jumlah yang harus dibeli, dan waktu pembelian yang tepat. Pembuatan Sistem Inventori Tahfiz Darul Adib menggunakan pendekatan terstruktur, sedangkan metode pengembangan menggunakan prototype dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara, sedangkan alat yang digunakan dalam merancang sistem berupa Flow Map, Diagram Konteks, DFD dan pengembangan aplikasi berbasis desktop. Sistem yang dibangun disajikan secara client server sehingga dapat diakses beberapa komputer. Sistem yang dibangun diharapkan dapat mengatasi sebagian besar permasalahan yang ada seperti pengelolaan pengadaan barang, stok barang dll. Implementasi sistem inventori dapat memberikan manfaat yang besar bagi Tahfiz Darul Adibdalam mengelola persediaan barang dan pengelolaan pembelian barang. Dengan sistem inventori, Tahfiz dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif.

References

Akbar, R., & Arifin, M. (2018). Pengembangan Instrumen Inventori Kematangan Karir pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(1), 1-10

Arifin, M., & Wardani, S. (2019). Pengembangan Inventori Kepribadian untuk Menilai Karir dalam Konteks Pendidikan. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 9(1), 41-54.

Azizah, N., & Setiawati, F. (2017). Pengembangan Inventori Self-Efficacy untuk Siswa SMA dalam Konteks Pendidikan Karir. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 6(1), 9-18.

Chasanah, F. N., & Murtanto, M. (2019). Pengembangan Inventori Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi, 46(1), 68-80.

Fatoni, A., & Kumalasari, N. A. (2017). Konstruksi Inventori Kecemasan Menghadapi Ujian pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 44(1), 70-84.

Dwijayanti, R. D., & Prayitno, A. (2014). Psikologi Industri dan Organisasi: Konsep Dasar dan Penerapannya di Indonesia. Penerbit Gadjah Mada University Press.

Downloads

Published

2023-07-20