Pengenalan Web Ai Chatgpt (Generative Pre-Trained Transformer) Oleh Openai Di Smp Indriasana Palembang

Authors

  • Alwin Marcellino Universitas Multi Data Palembang
  • Dicky Ryanto Fernandes Universitas Multi Data Palembang
  • Fionna Caroline Universitas Multi Data Palembang
  • Nicolas Jacky Pratama Hasan Universitas Multi Data Palembang
  • Yosefa Camilia Moniung Universitas Multi Data Palembang
  • Muhammad Rizky Pribadi Universitas Multi Data Palembang

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v3i2.8351

Abstract

ChatGPT oleh OpenAI merupakan contoh teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) yang dapat berinteraksi dengan pengguna melalui chat. ChatGPT seringkali terdengar di kalangan masyarakat saat ini, maka dari itu dilakukan pengabdian mengenai ChatGPT kepada siswa-siswi SMP Indriasana Palembang. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan siswa-siswi pada ChatGPT sebagai asisten virtual yang dapat memudahkan kehidupan sehari-hari dalam memperoleh informasi, menjelaskan cara penggunaan ChatGPT, kekurangan dan kelebihannya, serta berbagai pengawasan yang harus dilakukan guna mencegah penyalahgunaan teknologi tersebut. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode penyampaian materi yang interaktif dan pelatihan menggunakan platform ChatGPT kepada siswa-siswi yang didampingi langsung oleh Tim Pengabdian. Penggunaan ChatGPT dalam kehidupan sehari-hari memiliki potensi besar untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan manfaat bagi masyarakat dari berbagai kalangan usia.Kata kunci: Artificial Intelligence, Asisten Virtual, ChatGPT, OpenAI, Teknologi.

References

Amrizal, V., & Aini, Q. (2013). Naskah Kecerdasan Buatan. Halaman Moeka Publishing.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779%0Ahttps://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3342451

Mukrodin, & Mega Sasmita, N. (2021). rtificial Inteligence Dalam Apilkasi Chatbot Sebagai Helpdesk Obyek Wisata Dengan Permodelan Natural Language Processing (Studi Kasus: Kabupaten Cilacap). Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 10(1), 7–14. https://doi.org/10.30591/smartcomp.v10i1.2135

Pakpahan, R. (2021). Analisa Pengaruh Implementasi Artificial. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(2), 506–513. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.616

Ramadhani, R. Z., Rusdianto, H., & Yahya, V. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Pusat Informasi Sekolah Dengan Penerapan Chatbot Menggunakan Aiml Berbasis Android Pada Smk Otomotif Al Husna Tangerang. JIKA (Jurnal Informatika), 3(2), 27–33. https://doi.org/10.31000/jika.v3i2.2076

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Downloads

Published

2023-07-20