RANCANG BANGUN SIAKAD SANTRI PESANTREN ARRAUDHATUL HASANAH

Moch Iswan Perangin-angin, Khairi Ibnutama

Abstract


Dalam pelaksanaannya, sistem akademik yang berjalan di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah dirasa belum optimal, hal ini dikarenakan sistem yang digunakan masih bersifat manual. Dengan permasalahan tersebut maka muncul berbagai permasalahan terutama pada proses pendaftaran, registrasi, pembagian kelas, pembagian wali kelas, proses penilaian serta informasi mengenai perkembangan siswa kepada orang tua. Untuk itu, diperlukan suatu sistem informasi yang mampu mendukung pengambilan keputusan dalam memperoleh informasi kegiatan akademik. Pembuatan Sistem Informasi Akademik Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah menggunakan pendekatan terstruktur, sedangkan metode pengembangan menggunakan prototype dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara, sedangkan alat yang digunakan dalam merancang sistem berupa Flow Map, Diagram Konteks, DFD dan pengembangan aplikasi berbasis desktop. Sistem yang dibangun disajikan secara client server sehingga dapat diakses beberapa komputer. Sistem yang dibangun diharapkan dapat mengatasi sebagian besar permasalahan yang ada seperti melakukan validasi kerangkapan data registrasi dan nilai siswa, pembagian kelas dan penilaian. Program kemitraan masyarakat ini merupakan suatu bentuk tridhrama perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Program kemitraan ini akan terus dilanjutkan dengan tahapan-tahapan yang telah direncanakan. Dengan adanya sistem informasi pendaftaran siswa baru ini mampu memberikan efektivitas yang baik terhadap proses pendaftaran siswa baru yang lebih cepat dan akurat.


Full Text:

PDF

References


Darmansah, D., & Suhendro, Z. (2020). Sistem Informasi Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri 21 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman Berbasis Web. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 19(2), 235-245.

Habiby, A. I. (2017). Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web (Studi Kasus: TK Kusuma Putra Kota Mojokerto). Jurnal Manajemen Informatika, 7(2).

Irawan, Y., Susanti, N., & Triyanto, W. A. (2016). Analisa dan perancangan sistem informasi sekolah berbasis website untuk penyampaian informasi sekolah dan media promosi kepada masyarakat. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 7(1), 257-262.

Oktaviani, L., & Ayu, M. (2021). Pengembangan sistem informasi sekolah berbasis web dua bahasa SMA Muhammadiyah Gading Rejo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 437-444.

Parinsi, M. T., Mewengkang, A., & Rantung, T. (2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 227-240.

Sidik, B. (2018). Framework CodeIgniter: Menggunakan Framework CodeIgniter 2. x untuk Memudahkan pengembangan Pemrograman Aplikasi WEB dengan PHP 5.




DOI: https://doi.org/10.53513/abdi.v3i1.7611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.