Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Bibit Tanaman Pada Kelompok Tani Dwi Warna

Badrul Anwar, Rini Kustini, Sri Kusnasari, Puji Sari Ramadhan, Ardianto Pranata, Tria Khairunisa

Abstract


Indonesia adalah negara agraris dengan penduduk yang hampir bermayoritas mata pencaharian di bidang pertanian. Mayoritas pelaku usaha tani pembibitan di indonesia masih menggunakan teknologi tradisional. Perkembangan teknologi informasi juga berpengaruh memperketat persaingan perusahan sejenis baik perusahaan nasional ataupun perusahaan multinasional. Maka untuk bersaing merebutkan pasar, baik pasar nasinoal maupun internasional, perusahaan harus bijak dalam melihat setiap peluang yang ada dan meminimalisir terjadinya kesalahan yang dapat merugikan perusahaan. Instrumen utama dalam penelitian kualitatif ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Shopee Salah satu daya tarik masyarakat yang paling utama di E-commerce adalah aplikasi shopee, dimana harga, jarak, dan kualitas lebih bagus dibanding aplikasi lain, maka dari itu dalam penelitian ini menggunakan aplikasi shopee dalam memasarkan bibit tanaman bangun sari. Selain digital marketing, pemasaran melalui offline adalah hal yang sangat penting dimana tidak semua masyarakat memiliki akses berbelanja secara online. Pembuatan spanduk yang akan di paparkan di depan jalan dimaksudkan agar masyarakat luas dapat melihat berbagai bibit tanaman yang dijual.


Full Text:

PDF

References


Darnita, Y., Toyib, R., & Rumbiyiani, R. (2022). Di Kabupaten Seluma Dengan Metode. 9(September).

Hutagalung, J., & Maya, W. R. (2022). Digitalisasi Masjid Era Society 5 . 0 Menggunakan Teknologi Qris Pada Kas Masjid Al-Muslimin. JCES (Journal Of Character Education Society), 5(1), 151–160.

Lengkong, O., Wahyudi, A. K., & Najoan S. H, A. (2018). Media Informasi Brosur Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat menggunakan Augmented Reality Dalam Bentuk Video. Techno.Com, 17(2), 122–133. https://doi.org/10.33633/tc.v17i2.1621

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Tando, E. (2019). Review : Pemanfaatan Teknologi Greenhouse Dan Hidroponik Sebagai Solusi Menghadapi Perubahan Iklim Dalam Budidaya Tanaman Hortikultura. Buana Sains, 19(1), 91. https://doi.org/10.33366/bs.v19i1.1530

Wahyuni, S., Sumardjo, S., Lubis, D. P., & Sadono, D. (2017). Hubungan Jaringan Komunikasi dan Dinamika Kelompok dengan Kapasitas Petani dalam Agribisnis Padi Organik di Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan, 13(1), 110. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v13i1.15115

Widayati, K. D. (2018). Implementasi SWOT Strategi Pemasaran Online dan Offline pada PT Roti Nusantara Prima Cabang Jatiasih, Bekasi. Sekretati Dan Manajemen, 2(2), 7–9.




DOI: https://doi.org/10.53513/abdi.v3i1.7565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.