Pelatihan Penggunaan Internet Untuk Petani Desa Kuta Rakyat Kecamatan Berastagi

Yopi Hendro Syahputra, Zulfian Azmi, Ishak Ishak, Rico Imanta Ginting, Dudi Rahmadiansyah, Darjat Saripurna

Abstract


Desa Kuta Rakyat yang terletak di bawah Gunung Sinabung merupakan desa yang subur dengan sumber daya alam yang melimpah dengan mayoritas mata pencaharian sebagai petani. Pekerjaan mereka tidak dengan penghasilan tetap. Pendapatan bergantung pada hasil dan harga di pasar, tetapi kualitas harus diutamakan tanpa melebihi biaya produksi. Kurangnya pengetahuan petani tentang manajemen pertanian yang baik menurunkan hasil panen mereka, bahkan biaya produksi relatif tinggi karena mereka bergantung pada agen atau toko pertanian untuk faktor produksi. Maka dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang pelatihan penggunaan internet dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil panen petani di desa Kuta Rakyat dengan biaya produksi yang terbatas. Sehingga petani lebih berhati-hati dan mampu mandiri serta tidak bergantung pada agen pertanian atau toko.


Full Text:

PDF

References


Apriantono, A. 2006. Pembangunan pertanian di Indonesia. www. d e p t a n . g o . i d / re n b a n g t a n /k o n s e p _pembangunan_pertanian.pdf. [3 Januari 2012].

Nugroho, Nurcahyo Budi., Zulfian Azmi dan Saiful Nur Arif., 2016. APLIKASI KEAMANAN EMAIL MENGGUNAKAN ALGORITMA RC4. Jurnal ISSN : 1978-6603.

Syahputra, Y. H., Azmi, Z., & Yakub, S. (2022). PELATIHAN APLIKASI DARING PADA GURU SD NEGERI 060791 KECAMATAN MEDAN AREA. Jurnal Martabe, 5, 153–161.

Sunaryo,Soenarto,2006. Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan informasiuntuk mengembangkan Sumber belajar bidang penyuluhan pertanian.

Ishak, I., Santoso, I., Azmi, Z., Syahputra, Y. H., & Rahmadiansyah, D. 2022. Pelatihan Pembuatan dan Keamanan Email Bagi Remaja Masjid.

MG. Catur Yuantari, Arif Kurniadi, Ngatindriatun. 2016. Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Pemasaran Hasil Pertanian Di Desa Curut Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Techno.Com, Vol. 15, No. 1, Februari 2016: 43-47.




DOI: https://doi.org/10.53513/abdi.v3i1.7447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.