Pembuatan dan Penerapan Webiste E-Masjid Untuk Mengembangkan Pengetahuan SDM Pada Masjid Al-Muttaqin Kecamatan Medan Denai

Authors

  • Mochammad Iswan STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Zulkifli Lubis STMIK Triguna Dharma
  • Sobirin Sobirin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v2i1.4807

Abstract

Website merupakan sarana teknologi yang banyak digunakan untuk mendistribusikan informasi dengan cepat kepada khalayak publik saat ini. Badan Kenajiran Masjid (BKM) Al-Muttaqin merupakan   badan   masjid   yang   bertujuan   untuk   menjalankan   kegiatan   keagamaan   di lingkungan masyarakat. Untuk meningkatkan penyebaran informasi kepada masyarakat, maka implementasi teknologi website pada BKM Al-Muttaqin dapat menjadi solusi yang tepat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melakukan pengembangan aplikasi berbasis website dalam bentuk e-masjid yang ditujukan untuk memberikan wadah dan sarana informasi kepada BKM Al-Muttaqin untuk menyebarkan informasi – informasi yang berhubungan dengan kegiatan keagamaan sehingga masyarakat dapat mengetahui berita dan informasi terbaru mengenai kegiatan BKM Al-Muttaqin. Selainitu, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk membagi wawasan teknologi kepada pihak BKM Al-Muttaqin. Kata kunci: Website, E-Masjid, Al-Muttaqin, Teknologi, Public

Author Biographies

Mochammad Iswan, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

Purwadi Purwadi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zulkifli Lubis, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sobirin Sobirin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Amirulloh, M. (2017). Penggunaan Nama Kota Sebagai Nama Domain di Indonesia.

Sosiohumaniora, 19(1), 8-17.

Astari, P. (2014). MengembalikanFungsiMesjidSebagai Pusat Peradaban Masyarakat.

JurnalIlmuDakwah Dan PengembanganKomunitas. Vol. 9, No. 1, Januari 2014.

Aulia, R. (2015). Pemanfaatan API Google Maps SebagaiInformasiUntukMendeteksiTrayekAngkutan Kota Medan. JurnalIlmiahSain dan Teknologi (SAINTEK). Vol. 9, No. 2, Juli – Desember 2015.

Efendi, T. F. (2017, September). Pengembangan Website Smk Negeri 3 Sukoharjo. In Seminar

Nasional SistemInformasi (SENASIF) (Vol. 1, No. 1, pp. 957-964)

IT-Jurnal.com. (2016). Apa Yang di MaksudDenganServer ?. Retrieved 8 Oktober 2016, from https://www.it-jurnal.com/apa-yang-di-maksud-dengan-server/#comments.

Prokofyeva, N., &Boltunova, V. (2017). Analysis and practical application of PHP frameworks in development of web information systems. Procedia Computer Science, 104, 51-56.

Sayanda.com. (2016). Pengertian Domain Dan Hosting BesertaContoh Dan Jenisnya. Retrieved

Oktober 2016, from http://www.sayanda.com/pengertian-domain-dan-hosting/.

Utami, A. A., & Saraswati, T. G. (2018). Analisis Model Bisnis Pada Bisnis Start-up Web Hosting Di Kota Bandung Menggunakan Business Model Canvas (studiKasus Pada Qwords. com). eProceedings of Management, 5(2).

Warman, I., &Ramdaniansyah, R. (2018). AnalisisPerbandingan Kinerja Query Database Management System (Dbms) Antara Mysql 5.7. 16 Dan Mariadb 10.1. JurnalTeknoif ITP, 6(1), 32-41.

Zebari, R. R., Zeebaree, S. R., &Jacksi, K. (2018, October). Impact analysis of HTTP and SYN flood DDoS attacks on apache 2 and IIS 10.0 Web servers. In 2018 International Conference on Advanced Science and Engineering (ICOASE) (pp. 156-161). IEEE.

Downloads

Published

2022-02-27