Penerapan Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (Mbkm) Untuk Dosen Dan Mahasiswa Di STIE LMII Medan

Authors

  • Nurhayati Nurhayati STMIK Kaputama
  • Rusmin Saragih STMIK Kaputama
  • Tioria Pasaribu STMIK Kaputama
  • Juliana Naftali Sitompul STMIK Kaputama
  • Zira Fatmaira STMIK Kaputama
  • Fuzy Yustika Manik Universitas Sumatera Utara
  • Imeldawaty Gultom STMIK Kaputama
  • Marto Sihombing STMIK Kaputama
  • Ratih Puspadini STMIK Kaputama

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v2i1.4780

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sehingga mendorong proses pembelajaran di Perguruan Tinggi yang semakin otonom dan fleksibel serta Menciptakan kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Adapun program MKBM terdiri dari 8 (delapan) kegiatan : magang/praktek kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian/riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi/proyek independen, membangun desa/kuliah kerja nyata tematik dan pertukaran pelajar. Yang terlibat dalam program MBKM di Perguruan Tinggi adalah mahasiswa/i, dosen, dan koordinator Perguruan Tinggi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) LMII Medan dimasa pandemic covid-19 kurang aktif dalam mengikuti dikarenakan sebagian besar mahasiswa/i pulang ke daerah asalnya selama proses pembelajaran secara daring. Yayasan STIE LMII Medan mengikuti pelatihan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sehingga di angkatan program berikutnya dalam berperan serta dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Author Biography

Nurhayati Nurhayati, STMIK Kaputama

Google Scholar | SINTA : 6025180

References

Fuadi, Tuti Marjan. (2021). Konsep Merdeka Belajar – Kampus Merdeka : Aplikasinya Dalam Pendidikan. Prosiding Seminar National Biotik. Vol 9 No 1 hal 184-200. https://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/11594/6184

Meke, dkk. (2022). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 4 No 1 hal 675-685. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1940

Puspitasari, Ratna dan Riant Nugroho. 2021. Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Dinamika Governance. Jurnal Ilmiah Administrasi Negara. Vol 11 No 2 hal 276-291. http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jdg/article/view/2539

Rodiyah. R. 2021. Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, Vol 7 No 2 hal 425-434. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snh/article/view/737/640

Sopiansyah, dkk. 2022. Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Laa Roiba Jurnal. Vol 4 No 1 hal 34-41. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/458

Sulistiyani, dkk. 2022. Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Fakultas Keseatan dan Non Kesehatan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 4 No 1 hal 686-698. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1943/0.

Susilawati, N. 2021. Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol 2 No 3 hal 203-219 http://sikola.ppj.unp.ac.id/index.php/sikola/article/view/108

Downloads

Additional Files

Published

2022-02-27