Strategi Pendampingan Branding dan Kemasan Produk Keripik UMKM: Studi Kasus di Desa Kuta Tualah

Authors

  • Zaimah Panjaitan STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma
  • Rudi Gunawan STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nurarif STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v5i2.11906

Keywords:

Branding, Desain Kemasan, keripik, Pendampingan, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi akademisi dalam meningkatkan kapasitas pelaku UMKM di Desa Kuta Tualah, khususnya produsen keripik olahan rumah tangga. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah lemahnya identitas merek dan desain kemasan produk yang kurang menarik sehingga memengaruhi daya saing dan nilai jual. Melalui kegiatan pendampingan yang terstruktur, tim pelaksana memberikan pelatihan dan asistensi dalam perancangan logo, pembuatan label produk, dan penyusunan desain kemasan yang sesuai dengan karakteristik pasar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelaku UMKM memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya branding, serta mampu mengaplikasikan desain kemasan yang lebih menarik dan profesional. Kegiatan ini diharapkan menjadi model replikasi bagi pendampingan UMKM sejenis di daerah lain.

Author Biography

Zaimah Panjaitan, STMIK Triguna Dharma

Program Studi Sistem Informasi

References

Aulia, E., Zawawi, Z., & Warmana, G. O. (2024). Pemanfaatan Branding Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Produk UMKM Penjaringansari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 994–999. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2413

Esty, N. dan. (2018). Demandia 1. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan, 03(02), 35–54.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education.

Malik, H., Wirta, J., & Depi, S. (2025). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis ( JIMBI ) Membangun Identitas Merek Melalui Pengalaman Event : Pendekatan Desain dalam Strategi Branding Building Brand Identity Through Event Experiences : A Design Approach in Branding Strategy. 6(1), 90–98. https://doi.org/10.31289/jimbi.v6i1.5913

Sukma, B., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2024). Journal Of Social And Political Science THE ROLE OF BRANDING AND REPUTATION IN ENHANCING PUBLIC INFRASTRUCTURE SERVICES AT THE PUBLIC WORKS AND SPATIAL Journal Of Social And Political Science Volume 01 , No . 1 , Tahun 2024. Journal Of Social And Political Science, 01(1), 65–72.

Usman, I. (2025). Komunikasi Visual Dalam Branding: Peran Desain Grafis Dalam Membangun Identitas Merek. Jurnal Pendidikan, Hukum, Komunikasi (J-DIKUMSI), 1(1), 14–25. https://ejournal.cvddabeeayla.com/index.php/J-DIKUMSI/article/view/44

Downloads

Published

2025-07-30