Sosialisasi Penggunaan E-commerce Pada Pemasaran Beras di Kabupaten Serdang Bedagai

Authors

  • Yeni Rachmawati Politeknik LP3I Medan
  • Zubaidah Hanum Politeknik LP3I Medan
  • Ekatri Ayuningsih Politeknik LP3I Medan
  • Asmaul Husna Politeknik LP3I Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v5i2.11838

Keywords:

Beras, E-commerce, Pemasaran, Serdang Bedagai

Abstract

Petani di kabupaten Serdang Bedagai masih menggunakan saluran pemasaran konvensional yang melibatkan tengkulak dalam pemasarannya. Keterlibatan agen pemasaran ini membuat petani lemah dalam menentukan harga beras. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi kepada petani mengenai penggunaan e-commerce dan diskusi rutin bersama petani. Kajian ini dilakukan untuk memberikan pandangan bahwa penggunaan e-commerce pada pemasaran beras  di Kabupaten Serdang Bedagai memberikan peluang pada peningkatan kesejahteraan petani dan dapat mengurangi ketergantungan petani kepada kilang (tengkulak). Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan diketahui bahwa petani belum mengoptimalkan penggunaan e-commerce dalam praktik pemasarannya karena minimnya literasi digital, minimnya pengetahuan petani dan minimnya pelatihan digital pemasaran. Namun penggunaan e-commerce sangat mungkin diterapkan dengan adanya kesediaan petani untuk memanfaatkan e-commerce dalam praktik pemasarannya. Untuk menjawab tantangan tersebut maka perlu dilakukan pelatihan secara berkala dan pendampingan rutin.

References

Badan Pusat Statistik Sumatera Utara. (2023). Produksi Padi dan Beras Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018 – 2022.

Fhaj’ryah, E. R., Rozaki, Z., Wulandari, R., & Amalia, A. (2025, January). Pelaksanaan Pertanian Berkelanjutan Di Era Digital. In Seminar Nasional Agribisnis (Vol. 2, No. 1, pp. 8-12).

F. De Breuck, (2021). How Digitalized Rice Trading is Improving Global Food Security, Blockchain Byline Article 1-2.

Forqan, B. N., Muslim, A., & Aulia, R. (2024). Dampak Pemasaran Digital Pada Petani Padi di Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala.

Harahap, L. M., Pakpahan, T. G., Wijaya, R. A., & Nasution, A. Z. (2024). Dampak Transformasi Digital pada Agribisnis: Tantangan dan Peluang bagi Petani di Indonesia. Botani: Publikasi Ilmu Tanaman dan Agribisnis, 1(2), 99-108.

Lestari, A. A., & Wicaksana, B. E. (2025, February). Strategi E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Pertanian di Era Digital di Gapoktan Suka Bungah Desa Tambakaya Kecamatan Cibadak. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi" SainTek" (Vol. 2, No. 1, pp. 243-255).

Nurjati, E. (2021). Peran dan tantangan e-commerce sebagai media akselerasi manajemen rantai nilai produk pertanian. In Forum Penelitian Agro Ekonomi (Vol. 39, No. 2, pp. 115-133).

Putra, D. T., Wahyudi, I., Megavitry, R., & Supriadi, A. (2023). Pemanfaatan E-Commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08), 684-696.

Rachmawati, Y., Silalahi, F., & Az-zahra, F. (2024). Rice Marketing Strategy through E-Commerce as an Effort to Improve Farmers' Welfare: A Case Study of Rice Farmers in Serdang Bedagai Regency. Rice Farmers in Serdang Bedagai Regency. Jurnal Ekonomi, 13(04), 686-694.

Radiyyah, A. R. (2024). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Komoditas Padi (Studi Kasus Kelurahan Salokaraja Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng) (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Sianipar, O. L., & Damanik, A. H. (2021). Peranan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Pemasaran Hasil Pertanian di Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), 4(2), 550-556.

Sitorus, E. N. (2020). Analisis Pemasaran Beras Organik di Kabupaten Serdang Bedagai (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Sufriadi, S., Bagio, B., Sulfiadi, S., & Baihaqi, A. (2023). Analisisi Perilaku Pemasaran Padi di Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya. Cakrawala Management Business Journal, 6(1), 61-74.

Downloads

Published

2025-07-30