Pelatihan Peningkatan Pengetahuan Dasar Ilmu Komputer Kepada Anak-Anak SD Negeri 101800

Authors

  • Nur Yanti Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma
  • Rina Mahyuni STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10579

Keywords:

Pendidikan, Sekolah Dasar, Teknologi Komputer, Pelatihan

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi pembangunan manusia seutuhnya guna
mencerdaskan dan meningkatkan kehidupan bangsa. Pendidikan dimaksud sebagai wadah untuk
membina, mendidik, dan memajukan pola pikir bangsa Indonesia agar tumbuh dan berkembang
menjadi manusia yang berilmu, disiplin, bertaqwa kepada Tuhan YME serta mempunyai dedikasi
yang tinggi dalam melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa. Dalam perkembangan global saat ini,
pendidikan Ilmu Teknologi (IT) sangat berperan untuk mewujudkan generasi muda Indonesia baru
sehingga tidak ketinggalan tentang pengetahuan terhadap teknologi. Untuk mewujudkan hal tersebut
kita memerlukan pengetahuan tentang ilmu komputer serta pemanfaatan teknologi komputer tersebut.
Ilmu komputer menjadi semakin penting untuk dipelajari sejak dini, terutama di sekolah dasar.
Namun masih banyak sekolah dasar yang belum memiliki fasilitas dan kurikulum yang memadai
untuk mengajarkan ilmu komputer. Salah satu sekolah dasar yang belum memiliki akses dan
pengetahuan yang memadai tentang ilmu komputer adalah SDN 101800 agar nantinya siswa dapat
bersaing di era digital saat ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan
pengetahuan ilmu komputer di SDN 101800 lewat pelatihan peningkatan pengetahuan dasar komputer
kepada siswa agar siswa-siswa dapat memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi tantangan di masa
depan depan dengan mempersiapkan diri untuk membekali pengetahuan dan kemampuan dalam
bidang komputer.

Author Biographies

Nur Yanti Lumban Gaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yohanni Syahra, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Teknologi Informasi

Ita Mariami, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Murniyanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rina Mahyuni, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

Aliyyah, R. R. et al. (2018). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani. Jurnal Pemberdayaan

Masyarakat Madani, 2(2), 355–371.

F. Asy Et Al., “Pelatihan Penggunaan Microsoft Word Dalam Membuat Media Pembelajaran,”Jms J.

Masy.Siber, Vol. 1, No. 1, Pp. 27–32, 2022. bbc.com. (2019, Desember). Peringkat pendidikan

Indonesia di bawah Malaysia dan Brunei, China yang terbaik di dunia.

https://www.bbc.com/indonesia Agustinova, D. E. (2015). Hambatan Pendidikan Karakter Di

Sekolah Islam Terpadu (Studi Kasus Sdit Al Hasna Klaten). ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan

Ilmu Sejarah, 10(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v10i1.3598

Hutagalung, J., & Maya, W. R. (2022). Digitalisasi Masjid Era Society 5 . 0 Menggunakan Teknologi

Qris Pada Kas Masjid Al-Muslimin. JCES (Journal of Character Education Society), 5(1), 151–

Ramdhan, W., Rahayu, E., Informatika, M., & Informasi, S. (2021). Pelatihan keterampilan dasar

menggunakan komputer pada persiapan pelaksanaan ANBK SD muhammadiyah. Jurnal

Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 171 – 176

Riswandi, B. A., & Hanum, F. F. (2013). Peningkatan kualitas siswa terampil iptek dengan edukasi

komputer bagi siswa SD di Dusun Wonolelo. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 94–98.

Purwadi, & Maya, W . R. (2021). Digitalisasi Data Perpustakaan Dalam Proses Peminjaman dan

Pengembalian Buku pada Perpustakaan Sekolah Islam ‘Uluwwul Himmah Medan., 1(1), 57-62.

Retrieved from http://ojs.ejournal.id/index.php/ /adbimasiptek/article/view/3359.

W, Y. Y., & Desi, D. (1997). Meningkatkan Sumber Daya Manusia Memasuki Era Masyarakat

Ekonomi Asean ( Mea ). 1997, 66–82.

Downloads

Published

2025-01-30